Review

Review Hugpapa 2018 Dial-Fit 3-In-1 Hip Seat Baby Carrier Bundle

“Menggendong adalah salah satu ikatan menyenangkan antara orang tua dan anak, selama ia masih belum siap berpisah.” ~CV

Saya ingat betul ketika ketiga anak masih suka digendong menggunakan alat gendong kain jarik, sling, SSC, hipseat, wrap, maupun dengan tangan. Bahkan sebenarnya sampai sekarang mereka masih suka berebut untuk digendong sebentar, hanya untuk meluapkan rasa rindu dengan orang tuanya.

Kehangatan yang didapatkan saat digendong, peluk dan cium serta tatapan mata yang lembut membuat anak rindu menjadi bayi lagi. Begitu kata anak ketiga saya, yang lalu disetujui oleh kedua kakaknya.

Memiliki pengalaman menyenangkan dan ikatan yang baik antara orang tua dan anak saat menggendong, membuat saya kembali memutuskan untuk menjadi penggendong lagi, dan tidak membeli stroller kali ini. Saya dengan pedenya hanya menyiapkan beberapa jenis gendongan untuk anak keempat. Setelah memiliki empat anak, saya benar-benar lebih nyaman saat bepergian dengan menggendong. Karena jujur lebih mudah menjadi penggendong bayi saat mengawasi ketiga anak lainnya.

Sejak sebelum hamil anak keempat, saya tetap update dengan dunia gendongan karena pekerjaan menjadi forum moderator di salah satu situs parenting di Indonesia. Sejujurnya saya paling penasaran dengan tipe gendongan hipseat carrier, kenapa? Karena pada saat anak ketiga lahir sampai ia berusia 2 tahun, “benda” itu belum ada! 🤣 Wajar kan kalau saya penasaran, apalagi banyak cerita puas dari para mama dan papa yang menggunakan gendongan tipe ini.

Makanya saat mengetahui bahwa ada brand baru di dunia gendongan yang berasal dari Korea Selatan, saya jadi tertarik untuk mencobanya. Akhirnya saya kesampaian juga mencoba hipseat carrier-nya Hugpapa Dial Fit. Jadi ini adalah baby carrier alias gendongan bayi dengan jenis soft structure carrier atau biasa disingkat menjadi SSC.

Apa itu Hugpapa?

adalah baby carrier yang memiliki penyesuaian mikro inovatif pertama di dunia yang dikembangkan bersama dengan Teknologi BOA di Denver, AS. Hugpapa ini perusahaan yang dibuat tahun 2017 oleh seorang ayah yang ingin mengubah cara memeluk bayinya. Sebuah ide sederhana yang akhirnya bertemu dengan penyedia solusi pemasangan kinerja terbaik, BOA Technology.

Hugpapa 2018 Dial-Fit 3-In-1 Hip Seat Baby Carrier Bundle – Charcoal

Saya memilih gendongan bayi dengan kursi pinggang yang satu paket. Untuk tipe edisi tahun 2018 ini, ada 2 warna yang tersedia di website maupun di official store e-commerce, yaitu Charcoal dan Light Gray. Satu paket seharga $169 atau Rp2.400.000 ini berisikan :

a. Hipseat

b. Baby carrier

c. Hoodie

d. Organic Teething pad

e. Manual book

f. Kardus (elegan banget ya!)

Hugpapa dial-fit 3in1 hipseat baby carrier bundle review ndiievania

Fitur, Fungsi, dan Kelebihan Hugpapa?

Fit in 3 second. Cukup membutuhkan waktu 3 detik, kita bisa menyesuaikan posisi yang nyaman dan sehat sempurna untuk menggendong. Dial-Fitnya sangat memudahkan dan tidak ada adegan tangan keseleo saat mengatur posisi anak.

Ultra lightweight. Beratnya cukup ringan, yaitu sekitar 780gram saat hip seat digunakan dan 620gram saat menjadi gendongan biasa. Selain itu sabuk pinggang yang ringan dan tinggi membuat nyaman dan tidak sakit punggung saat menggendong.

*perbedaan berat bisa terjadi

Ergonomic hip seat. Kursi pinggul yang ergonomis ini terbuat dari busa berlapis ganda serta sangat lembut dan kokoh. Padnya terbuat dari alas anti-slip, jadi aman dan tidak licin. Posisinya juga membuat tulang belakang bayi dalam kondisi yang tepat.

Best for all positions. Ini yang paling saya sukai, karena hanya dengan satu gendongan ini saja, kita bisa menggunakannya dari usia 0-36 bulan dan ada berbagai macam posisi. Saya mencoba 3 posisi, yaitu Mode Hip Seat, Mode Hip Seat Carrier, Mode Baby Carrier Facing in dan Facing out. Untuk bayi di bawah 3 bulan, disarankan menggunakan infant insert.

infant insert hugpapa

Infant insert Hugpapa

Cara Pemasangan Produk

Hugpapa sangatlah mudah. Bahkan saya yang biasanya gagap dengan hal-hal seperti ini langsung merasa hapal di luar kepala. Di sini saya akan memperlihatkan step-by-step pemasangannya dan juga demo pemakaian gendongannya. Semoga gambarnya cukup bisa menjelaskan yaa. Kalau kurang jelas, bisa ketemuan saja sama saya, sambil coba-cobain Hugpapa Dial-Fit nya sekalian 😉

Cara pemasangan Hugpapa Hip seat

for review hugpapa carrier-47698058769234411768..jpg

Pertama pasang belt di panggul dan cari posisi yang nyaman.

Kedua pasang buckle dan sesuaikan talinya.

Cara pemasangan Hugpapa Dial-Fit Baby Carrier with Hip Seat

Seperti yang terlihat di foto, mode ini bisa digunakan untuk facing-in dan facing-out. Cara pemasangan hampir sama, hanya berbeda di bagian ketiga saja.

Pertama pasang resleting di bagian bawah carrier, dan kancingkan kedua button.

Kedua pasang resleting di bagian dalam carrier.

Ketiga untuk facing in, kancingkan kembali kedua button di kedua sisi paling pinggir. Jika ingin facing out, cukup tekuk ke dalam, dan klik buttonnya.

Cara pemasangan Hugpapa Carrier without Hipseat

Kalau mode ini termasuk yang akrab banget sama saya. Karena sebelumnya saya hanya memiliki Soft Structure Carrier alias SSC tipe biasa. Tapi baru kali ini “membongkar” isi dari hip seat.

Dari posisi carrier with hip seat, buka 1 resleting bagian dalam, dan buka resleting tempat busa hip seat, keluarkan, dan tutup lagi yang kedua. Langkah berikutnya dorong sedikit padnya ke arah bawah, gendong anak seperti biasa. Gampang banget kan 😎.

Kalau sudah bisa cara pemasangan produk carriernya, sekarang saya mau kasih contoh cara SSC hip seatnya yaa.. Memakainya sangat mudah dan simple, makanya saya dari dulu lebih suka gendongan bayi tipe SSC.

Cara Memakai SSC Hip Seat Hugpapa

Cara menggendong dengan hugpapa hipseat carrier

  1. Gendong anak di bagian hip seat, jangan lupa untuk mengencangkan velcro dan buckle di pinggang.
  2. Kenakan kedua shoulder pad dengan benar.
  3. Sesuaikan tali dengan postur tubuh, KLIK! buckle terpasang, dan syempurnaaah.

Cara Mengatur Dial-Fit

How to use dial fit hugpapa

Jika ingin mengencangkan, tekan Dial-Fit lalu putar dan sesuaikan dengan kenyamanan.

Jika ingin merenggangkan, tarik Dial-Fit ke atas, lalu sesuaikan tali yang memiliki arah panah di kanan dan kiri gendongan.

Review Hugpapa 2018 Dial-Fit 3-In-1 Hip Seat Baby Carrier

Bentuknya yang menyerupai tas punggung sangatlah nyaman digunakan. Karena beban yang digendong terbagi rata di pundak kita, sang penggendong bayi. Shoulder padnya ramping namun empuk. Tali buckle bagian punggung juga mudah untuk disesuaikan dengan kebutuhan penggendong.

Bagi saya ibu yang bekerja di rumah, memakai SSC sangatlah membantu. Karena saya bisa mengerjakan pekerjaan rumah sambil menggendong.

Hugpapa 2018 Dial-Fit 3-in-1 Hip Seat Baby Carrier ini sangat mengerti kebutuhan papa dan mama modern yang mobilitasnya sangat tinggi. Tentunya sangat cocok untuk saya yang memiliki empat anak dan biasa melakukan apa-apa sendiri.

Hugpapa 2018 Dial Fit 3in1 review ndiievania

Carrier ini memiliki sistem penyesuaian otomatis, bahan yang ringan, tali gesper kelas atas (saya merasa seperti safety belt mobil), dan juga resleting untuk keamanan dan keselamatan bayi.

Bahan yang digunakan ini adalah kain tahan air dan debu namun nyaman,jadi tak perlu khawatir. Selain itu desain carrier yang ergonomis ini membantu mempertahankan posisi C untuk punggung bayi dan posisi M untuk panggulnya.

Teknologi BOA yang digunakan untuk menyesuaikan kenyamanan penggendong dan yang digendong sangat memuaskan dan membuat takjub. Karena hanya dalam beberapa putaran mampu menarik secara bersamaan dan rata tali bagian bahu, sehingga posisi akan menjadi stabil seimbang. Selain itu tak perlu bingung mengatur posisi gendongan jika akan bergantian menggendong, karena pengaturannya sangat mudah.

Jujur saja selama ini saya memang biasa menggunakan SSC sendiri, namun hal yang paling sulit adalah ketika harus mengatur ketinggian dan kedekatan agar lebih nyaman. Hal tersebut sering kali membuat otot saya ketarik, sehingga kerap terasa sakit.

Jadi benar-benar Teknologi BOA ini merupakan inovasi yang bagus dalam dunia gendongan. Saya jadi ingat dengan hastag yang digunakan Hugpapa, yaitu #StayCloseCarryMore ❤

Beli Di Mana?

Kalau mau lihat detail dan melakukan pembelian produk Hugpapa Carrier bisa kunjungi websitenya Hugpapa dan juga official store di e-commerce Lazada Indonesia yaaa. Tadi saya sempat mention harganya di atas. Kalau dilihat sekarang memang sedang ada potongan, jadi produk yang saya tulis ini harganya $169 atau Rp2.400.000,-.

Info Lain

Kalian bisa cek ke sosial medianya untuk berkenalan dengan produk ini. Cus langsung kepoin yaa:

Facebook : Hugpapa Official

Twitter : @hugpapa_seoul

Instagram : hugpapa_official

Youtube : HUGPAPA

❤ Cindy~ yang lagi gendong si bayik pake Hugpapa Dial-Fit kece 😉
Advertisements

126 thoughts on “Review Hugpapa 2018 Dial-Fit 3-In-1 Hip Seat Baby Carrier Bundle

  1. Gokiiilllll… Informasinya detail dan informatif banget ini.. kereeeen.. gendongannya pun keren yaaa.. mewah banget kemasan dan look nya.. ihhh sukaaak.. itu Xen pas pake hoodie nya lucuuuuu banget, lol!!!!!

  2. Wuah anaknya sudah 4 ya kak. Pasti sudah pengalaman milih gendongan yang nyaman. Hip seat kayak gini amannya mulai usia berapa, kak? Berasa pegel gak pakenya?

  3. Hugpapa keren banget, ulasannya pun sangaat detail dan jelas, pastinya sangat dibutuhkan buat Mamak2 yang punya baby.
    Aah,,begitu nyaman ya gendongnya, jadi pen nyobain gendong.

  4. Hugpapa emang kereen, lengkap pulaa ulasannya detai banget, pastinya info ini sangat dibutuhkan Mamak2 yang punya baby.
    Trus, kaya yang nyaman gitu gendongnya yaaa, jadi pen nyobain eeh..

  5. Gendongan bayi sekarang macem-macem ya. Dan kayaknya nyaman gitu dipakeknya. Zaman dulu ada juga sih,tapi nggak kayak Hugpapa ini. Dipakeknya punkurang nyaman. Jadinya aku tetep balik ke gendongan jarik

  6. Waah ini mah jd semakin mudah menggendong anak di jamn sekarang ya. Udh gitu aku yakin ga bikin sakit pinggang kalau pake hugpapa, bener kan kan kan 😄

  7. Oh, my…. ada merek gendongan baru lagi sekarang! Setelah anakku besar begini aku cuma tau gendongan sampe Boba aja hahhaha, sama yang lokal palingan Cuddle Me. 😀 Oh ya kalau yang model hip seat aku cuma tau i-Angel. Lah ini ada lagi dan malah bisa 3in1 pula! Wah yang punya baby mesti bingung nih milih yang mana. Tapi kalau aku disuruh beli lagi ya bakalan beli yang hugpapa lah ya, bisa 3in1.
    Btw kenapa namanya hugpapa ya? padahal yg sering gendong kan mama. harusnya hugmama dong? 😀

  8. Keren banget ya Mbak, multifungsi gitu. Bisa dari 0 bulan pula dan ada infant seatnya. Huaaa, mauu bangetlah ini. Tapi kutaksanggup dengan harganya itu, xixixix. Saya pengen banget deh klo dikadoin ini, eehh hihihih.

  9. Keliatan nyaman banget deh itu hipseat nya, dan lebih nyaman lagi karena cara pakainya yang terbilang gampang ya mom, jadi anak ga keburu cranky duluan …

  10. I need gendongan macam gini, Mbak. Anakku memang sudah 3,5 tahun. Pun sudah jarang sekali kugendong, dia malah yang ogah digendong, hahaha. Tapi, kalau pas ikut aku sekolah, gendong dia di depan selama 30 menit sering sekali bikin punggungku encok. Semoga bisa kebeli deh ya gendongan macam ini untukku.

  11. Namanya produknya sweet banget, baru denger akutuh.. seneng banget liatnya.. jadi berasa memang dipeluk ya dedek bayinya.. mmm.. jadi mau beliin buat calon keponakan aku nih.. kalo untuk aku sendiri.. sepertinya dua anak cukup hihi curcol.. thanks for sharing moms

  12. Anak saya udah 4 tahun dan kadang saya yang kangen gendong, lalu dia bilang jangan bunda nanti tangan bunda patah, aku d kan udah besar hahaha. Eh tapi Kemarin ngerasain gendong keponakan pakai gendongan model ini, tapi entah merek apaan, emang nyaman sekali buat yg gendong dan yang digendong ya mbak

  13. Gendongannya multifungsi banget nih, dulu waktu anak2 masih bayi kok nggak ada ginian ya hahaha. Aku menggendong anak2 pakai selendang aja biasanya haha. Pakai Hugpapa ini nyaman banget ya, praktis dan modis juga buat jalan-jalan ke mall.

  14. waaah, keren banget mbak gendongannya. Tapi setuju dengan menggendong kasih sayang kita bisa langsung mengalir gitu ya ke anak *halah* hahahaha.

    Aku punya anak 1 umur 5 tahun aja masih sering banget aku gendong loh. Dan kelihatan nyaman banget ya mbak hugpapa ini. Aku percaya seh kalau ada harga pasti ada hasil yang memuaskan

      1. Skip beli sementara belum punya anak kecil lagi…
        Aku pikir gitu.

        Ternyata,
        adikku doonk, melahirkan.

        Dan lagi-lagi hunting gendongan.
        Lalu beli hip-seat buat adikku…

        Yeeay~

      2. Iyaah…
        Tiap beli, suami paling males.

        Karena kan liat-liat di olshop, lalu lari ke toko offline, gak ketemu merk yang dicari, balik ke olshop lagi.

        Hhaha~
        Survey yang panjang…

        Dan suami tinggal bagian bayar.

  15. wah saat lihat produk hugpapa ini sudah jatuh hati, baik ayah dan ibu, kalau pake ini kelehatan keren deh. Tp fungsi utamanya aku suka banget, bisa memudahkan kita saat menggendong bayi

  16. Jaman saya masih nggendongin anak pertama dan kedua gendongan macam ini belum ada,, cuma pakai jarik dan sling aja.., hihi. ini gendongan kayaknya enak banget yaa, nggak bikin capek si penggendong

  17. suka gemess liat gendongan jaman now, keren dan inovatif.
    jaman si bungsu masih piyik baru gendongan baby wrap yg ngehits. itu pun aku ga bisa beli krna tinggal di pelosok 😀

  18. Jadi bayi zaman sekarang tuh enak yaa. Gendongan aja banyak macamnya. Cakep2 lagi. Ibunya mesti pinter2 jagain dompet nih karena harganya juga lumayan kan ya. Gak kayak kain jarik, yg aku punya itu turunan dari ibuku hihihi.

  19. Ada harga ada rupa. Meski untuk kami termasuk mahal, tapi yakin kuliatas dan keamanannya juga terpercaya ya
    Anak dan orang tua pasti lebih nyaman kalau jalan jalan

  20. waw harganya lumayan ya kak, aku belum punya anak tapi pernah gendok ponakan make gendongan kaya gini dan gak bermerk terkenal sih jadi agak kurang nyaman. Ini sih kayaknya nyaman banget yaah, dipundak pasti gak sakit

  21. Wah dengan banyaknya kegunaan hugpapa ini untuk bikin nyaman menggendong si kecil harga segitu worth it lah yah bun. Kan cara menggendong emang bagusnya didepan kita biar anak pernafasannya ga terganggu

  22. hipseat begini lebih ringan banget buat gendong dalam jangka waktu lama. Anak juga lebih nyaman duduk. Oke banget nih Hugpapa. Btw, ada garansinya?

  23. Makin kesini alat gendongan makin modern saja ya mbak. Saya dulu kain gendongan hanya kain panjang, kadang-kadang sampai leher sakit dibikinnya. Seperti hugpapa ini ini jauh lebih aman dan tampaknya juga bisa mengentengkan beban dari berat badan anak kita karena di desain secara ergonomis

  24. Waduhh, gendongannya bikin mupeeeng. Pantesan aja reviewnya total 😍 Nanti kalau X udah gede, boleh lah dilungsurin ke adeknya Akta 🤭😂

  25. Gendongan sekarang macem-macem ya pilihannya. Kek nya jaman anakku cuma pakai sewek doang ma ada gendongan instant tapi ya modelnya biasa dan murah pula. Sekarang makin banyak pilihan aja.

    1. Kayaknya ini wishlist-ku akhir tahun 2019 hahaa
      Soalnya ada planning anak kedua
      Review-nya jadi pengen dan mupeng buat anak kedua ntar hehe

  26. Dengan menggendong ada bonding yang kuat antara ibu dan anak juga ya. Anak pertama aku punya stroller tapi gak pernah dipakai karena sukanya digendong, Nah yang kedua full gak kepakai jadi aku kasihin aja. Enak ya gendongan jaman sekarang macem-macem fungsinya dan lebih nyaman serta aman.

  27. Kalau lihat postingan gendongan kayak gini, jadi pengen punya bayi kecil lagi sayanya mba. Apalagi dengan adanya baby carrier modern seperti Hugpapa ini, pasti sangat membantu ya 🙂

  28. Wah sekarang gendongan banyak jenisnya ya, jadi tulang punggung dan pundak si ibu tidak sakit atau berubah struktur tulangnya. Aku dulu adanya jarik. Yg model2 gitu belum safe kayak jaman sekarang.

  29. harganya oh…mehong banget..hahahaha..aku berasa beli baby carier 300ribu aja kemarin kerasa mahal dan nggak pernah dipakai.
    Tapi kalau memang membantu kenyamanan punggung dan pundak, ya worth to by lah ya

  30. Laahh kenapa gendongan praktis kayak gini baru ada sekarang, ga dr 5 tahun lalu. Jaman narend bayi dulu aq pake gendongan ribet bgt, melorot mulu.. Mana badannya narend dulu gede kayak bagong. Gendong kemana2, pundakku mpe sakit.. Sekarang mah enak y ada hugpapa.. Tp mo gendong anak sapa

  31. Gendongan zaman now keren yaa, si adek yang digendong kayaknya nyaman banget ya karena ada hipseatnya. Cuma salfok sama harganya, lumayan juga ya mbak 😀. Tapi kalau dilihat dari kemasannya yang kece bingit sama bahannya sih kayaknya emang cocok harganya segitu.

  32. Salam kenal mbak, saya juga warga klaten tapi merantau ke malang.

    Saya kadang suka iri lho kalau lihat oru jaman now gandong bayi pakai gendongan macam-macam. Iri, kok jaman saya punya bayi dulu nggak ada gendongan macam itu, jadi gendongnya ya pakai jarik aja.

  33. Kalau gendongan bayinya begini, bayi senang, ibu pun riang enggak bentar-bentar aduh pundak pegel, aduh capek, yang buat anak jadi rewel.

    Dan bisa ganti posisi gitu, kalau anak bosen menghadap ke ibunya (bosen ibu? :D, piss :D), bisa ganti melihat suasana di depan yang mungkin bisa membuat anak bahagia. 🙂

  34. Hihihi gendongannya lengkap ya perintilannya, bisa buat unboxing Yutub hihi, tapi keren ni bisa tiga posisi dan semuanya nampak nyaman untuk ibu dan bayi..ngga encok lagi deh…

  35. gendongan baby zaman now yaaa senengnya bisa nyaman gendong baby kemana2, kalau gendongan zaman dulu bikin pegel pundak dan punggung hehe. Ooo hip seatnya bisa dilepas jg kyk gtu ya 😀

  36. anakku keduaku termasuk yang nyaman banget dia digendong sama saya atau papanya. Kalau jalan-jalan, dia suka tanya saya bawa gendongan atau tidak. bener mbak, digendong itu memang mendekatkan anak dengan ortunya. bonding tercapai.

  37. Lengkap banged Mba ulasannya, jadi kebayang siy kemudahan dari gendongan ini, nggak perlu bantuan orang lain ya Mba untuk memasangnya. Ehmm pakai ini bukan cuma mamanya ajah yg happy tapi si kecil juga happy dan nyaman dech.

  38. Macam2 ya mbak gendongan anak sekarang ini. Sampai saya punya anak 3, saya masih setia pake gendongan tradisional alias kain jarik milik alm nenek saya.

  39. Gendongannya cakep bener. Beneran deh yaa yang namanya ada harga ada kualitas. Jadi pengen nambah gendongan euy. Saat ini punya saya adanya ssc nana, perlu nambah lagi biar ada yang dipakai kalau pas yang ini dicuci.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s