Event

Menjaga Kesehatan Saluran Cerna Anak dengan Interlac

Pada tanggal 22 Desember 2018 lalu, saya menghadiri talkshow mengenai pencernaan dan masalah pencernaan di event Indonesia Maternity, Baby and Kids Expo yang berlokasi di Vinolia Baby and Kids Yogyakarta.

Saya tertarik mengikuti acara ini karena ingin belajar lebih tentang masalah pencernaan. Narasumber yang akan memberikan ilmu adalah dr. Intan Diana Sari selaku Head of Medical PT Interbat dan Bapak Mochamad Nurhadi selaku Brand Manager Interlac.

Kiri – Kanan, dr. Intan Dian Sari dan Bapak Mochamad Nurhadi

Bapak Nurhadi dan dr. Intan menjelaskan tentang saluran cerna manusia, fungsi saluran cerna, gangguan saluran cerna, dan bakteri baik pada bayi lahir SC vs bayi lahir pervaginam dengan sangat detail.

Seperti yang kita ketahui, bahwa usia bayi dan anak sangat rentan terhadap gangguan pencernaan. Bila kesehatan saluran cerna terganggu, akan muncul gangguan kesehatan seperti :

– Diare

– Konstipasi (sembelit)

– Sakit perut

– Kembung

– Gumoh pada bayi (regurgitasi)

– Kolik pada bayi (tangisan bayi yang berlebihan).

Sekarang saya baru mengetahui bahwa ada kolik infantil, padahal diketahui angka kejadiannya mencapai 40% pada bayi. Biasanya terjadi saat usia 2 minggu – 4 bulan > sindrom 4 bulan.

Tanda-tanda yang diberikan oleh bayi antara lain dengan tangisan yang keras dan terus-menerus, terlihat kesakitan, rewel, muka merah, menarik kedua tungkai. Lama menangis bisa 3 jam atau lebih, paling sedikit 3 hari/minggu dan terjadi dalam 1 minggu. Hal ini terjadi pada sore hari hingga tengah malam.

Penyebab kolik ini antara lain paparan asam lambung ke kerongkongan bayi, alergi susu sapi, dan intoleransi lakstosa.

Setelah mengingat-ingat, ternyata 2 dari 4 anak saya pernah mengalami kolik infantil saat mereka bayi (dulu nggak paham namanya). Kalau diingat kejadiannya, rasanya frustasi dan sedih melihat anak kesakitan :(.

Saluran cerna yang sehat mampu menjaga sistem imun kita. Karena 80% dari sistem imun manusia dari bayi sampai dewasa letaknya ada di saluran cerna. Saluran cerna sehat memiliki kandungan bakteri baik (probiotik) yang turut mendukung sistem imun.

Kesehatan saluran cerna dapat terganggu dengan berkembangnya bakteri jahat dari kebiasaan makan yang buruk, kebersihan yang buruk, stres, diare, maupun pemakaian obat berlebihan. Saluran cerna yang sehat terbukti bermanfaat meningkatkan sistem imunitas kita dalam mencegah alergi, serta masuknya virus dan bakteri ke dalam tubuh.

Saya memiliki 1 anak yang memiliki gangguan pencernaan. Dia langganan sembelit dari usianya di bawah 1 tahun sampai sekarang sudah 6 tahun. Bermacam-macam cara saya lakukan, sampai tanya sana-sini, dan akhirnya kami berhasil melawan sembelitnya. Saya akan tulis lagi seperti yang ada di caption Instagram :

Tips Menjaga Saluran Cerna Anak

– Cukup asupan cairan

– Gizi seimbang dengan banyak konsumsi makanan berserat

– Banyak bergerak

– Batasi makanan berlemak

– Konsumsi probiotik.

Apa itu Probiotik?

Adalah mikroorganisme hidup, dimana bila diberikan pada jumlah yang adekuat, akan memberikan manfaat kesehatan (WHO 2002). Bakteri yang memenuhi syarat Probiotik adalah Lactobacillus, dan Bifidobacterium

Syarat-syarat Produk Probiotik

1. Bakteri yang digunakan berasal dari manusia.

2. Tidak bersifat patogen.

3. Tahan terhadap asam lambung dan cairan empedu.

4. Mampu menempel pada dinding usus.

5. Menghasilkan zat antimikroba, dan meningkatkan sistem imunitas tubuh.

6. Tahan terhadap proses produksi dalam pembuatan sediaan.

7. Secara genetik stabil.

Pengalaman mengonsumsi Interlac®

Saya beruntung sekali karena sudah mencoba Interlac untuk anak-anak. Manfaat dari Interlac sudah saya rasakan sendiri saat melihat si nomor 3 tidak teriak-teriak sakit perut dan mudah saat buang air besar. Saya suka nggak tega kalau dia lama di kamar mandi dan bisa sampai nangis setengah jam.

Ketiga anak sangat menyukai tablet chewable rasa strawberry yang saya berikan. Ponakan saya yang bayi mengalami sembelit selama satu minggu, dan diberikan Interlac drops. Hasilnya cocok dan berhasil buang air besar tanpa hambatan.

Manfaat dari Interlac

– Menaikan imunitas bayi terhadap alergi.

– Mengurangi angka kematian bayi akibat kerusakan lapisan usus lada bayi prematur.

– Menurunkan angka kejadian Dermatitis Atopik.

– Mengatasi gangguan pencernaan pada bayi prematur.

– Mengurangi kolik pada bayi.

– Mempercepat penyembuhan diare pada bayi, anak, dan orang dewasa.

– Mengurangi efek samping pemberian antibiotik pada anak dan orang dewasa.

Kebetulan saya mendapatkan 3 macam produk dari Interlac® yang lengkap untuk memenuhi kebutuhan bayi sejak baru lahir, anak-anak, orang dewasa, dan lansia.

Produk yang saya dapatkan adalah :

1. Interlac Drops, satu-satunya probiotik dengan sediaan oral drops di Indonesia yg cocok terutaman untuk bayi baru lahir hingga satu tahun. Formulasinya tidak mengandung laktosa, sehingga aman untuk bayi yang intoleransi laktosa. Karena ini untuk bayi, jadi tidak ada rasanya, alias plain.

2. Interlac Sachet, sama seperti sebelumnya yang tidak mengandung laktosa sehingga aman untuk bayi dan anak 1-5 tahun. Cara pakainya dilarutkan dengan sedikit air.

3. Interlac Tablet Kunyah Strawberry, suplemen untuk membantu memelihara kesehatan pencernaan ini juga tidak mengandung laktosa. Tablet chewable ini hanya perlu dikonsumsi 1x sehari, cocok untuk usia 6-12 tahun.

Selain itu ada juga Interlac Tabet Kunyah Lemon yang cocok untuk dewasa.

Tentang Interlac®

✔ Interlac® adalah produk impor dari BioGaia, perusahaan Swedia yang dikenal sebagai World Leader in Probiotics.

✔ Satu-satunya produk probiotik di Indonesia yang mengandung probiotik Lactobacillus reuteri Protetics.

✔ Lactobacillus reuteri Protetics adalah salah satu probiotik yang paling banyak diteliti di dunia, dengan efikasi dan keamanan yang teruji klinis untuk segala usia.

Sampai tahun 2016, Interlac® sudah teruji klinis pada lebih dari 12.754 pasien di 152 uji klinis. Probiotik Interlac® juga sudah mendapatkan predikat GRAS (Generally Recognized as Safe) dari US FDA, yang merupakan sertifikasi keamanan tertinggi untuk suplemen makanan.

Profil keamanan dan manfaatnya sudah terbukti klinis membuat Interlac® menjadi probiotik pilihan dokter di lebih dari 90 negara, dan bahkan dipakai langsung di unit NICU rumah sakit untuk terapi bayi prematur.

Produk Interlac ini bisa dibeli secara offline di : Guardian, Viva Health, dan toko bayi. Kalau mau beli online juga bisa, langsung cek di : Mothercare(dot)co(dot)id, JD(dot)ID, dan Orami.

Kalau mau ceki-ceki sosial medianya bisa langsung ke :

Website : http://www.interlac-probiotics.com

Instagram : @interlacprobiotics

Facebook : interlacprobiotics

Pic from mbak Amallia Sarah

Terimakasih atas undangan dari Mom Blogger Community, jadi saya bisa ketemu teman-teman lain dan dapat ilmu baru :).

Semoga artikel ini bisa membantu para pembaca yaa..

❤ Cindy ~ yang lagi ngunyahin tablet chewable Interlac.

Advertisements

53 thoughts on “Menjaga Kesehatan Saluran Cerna Anak dengan Interlac

      1. Belum perah beli ini sih, tapi baca reviewnya kayak boleh juga ya stock di rumah. Jaga-jaga saja meski anak-anak belum pernah ngalamin sembelit, Alhamdullilah

  1. Aku seneng nih sama yg Interlac kunyah tobeli nya. Penasaran sama rasa yang lemon ihh.. B juga lagi aku minumin yg drops, soalnya belum ehipo lagi dia, udah 5 atau 6 hari lupa

  2. Iya, anak-anak memang rentang terganggu pencernaannya meskipun kita udah berusaha menjaga dengan baik. Makanya dokter anak-anak syaa juga dulu menganjurkan untuk stok prebiotik di rumah. Buat berjaga-jaga kalau pencernaan sampai terganggu

  3. Kolik pada anak yang biasa terjadi adalah diare. Entah kita makan yang terlalu pedas sehingga anak mencret.

    Vitamin intelac membantu memulihkan kesehatan anak.

  4. Interlac teman terbaik keluarga kami deh, cocok banget buat kedua anak saya yang selalu bermasalah di pencernaannya 🙂
    Selalu sedia ini deh di kulkas, dan Alhamdulillah amat sangat membantu saat anak sembelit atau diare, langsung kasih interlac 🙂

  5. Aku pakai Interlac dari yang kemasan drop sampai tablet. Alhamdulillah cocok buat anak-anak.

    Soalnya penting juga kan buat persediaan di rumah.

    Apalagi musim penghujan gini rawan diare, dih amit-amit sih ya.

  6. Ini masalah yang kerap dialami anak2 yah mba, untungnya Interlac menjawab problem ini, rekomended bangettt nih buat para bunda di eunah

  7. Interlac chewy juga jadi andalanku kalo anak2 bermasalah sama pencernaannya, udah paling ampuh deh.. apalagi di musim yg gak jelas gini, sering banget pencernaan mereka bermasalah, makanya selalu stok Interlac di rumah 🙂

  8. Antara Amay dan Aga, yang paling sering sembelit tuh Aga. Padahal sayur buah dia doyan, lho.. Dan kalau fesesnya keras gitu, biasanya dia suka nangis dan takut untuk pup. Kasihan banget. 😦

    Aku belum tau interlac sih yaa.. Coba nyetok di rumah deh, buat jaga2 kalau nanti sembelit lagi. Tapi semoga nggak terjadi lagi.

  9. Nah produk ini nih, pernah jadi andalan anak ke-4 ku waktu masih bayi. Dulu, dia sering banget kena kolik, konstipasi, dan diare. Perutnya gampang banget bermasalah. Dikasih Interlac Alhamdulillah daya tahan perutnya nambah. Jadi gak gampang kolik, konstipasi, atau diare lagi. Semua ibu yang punya anak bayi wajib tahu produk ini.

  10. Gangguan pencernaan pada bayi memang mengkuatirkan ya mbak, karena berakibat pada tumbuh kembang anak. Dengan probiotik menjadi salah satu solusi menjaga pencernaan bayi ya.

  11. Anakku yg bungsu pernah bermasalah pencernaannya, ngeluh perutnya sakit dan susah buang air besar. Karena dulu blm tahu produk ini jadi langsung dibawa ke dokter, deh.

  12. Paling nggak tegaaa liat anak kena gangguan saluran pencernaan. Apalagi sembelit dan diare, huhuu. Patah hati ngliat mereka lemes kehabisan tenaga.
    Dan Interlac ini selalu jadi andalan buat mengatasinya. Ngasihnya sambil ‘nyanyi’ tentang pentingnya makan buah dan sayur, minum air putih yang cukup, dll.

  13. Aku rekomendasikan Interlac Drop untuk Ponakanku yang baru lahir. Kemarin sempat sembelit, kasihan kalo baby sembelit. Nggak bisa ngomong, cuma nangis terus dan baru ketahuan sembelit ketika dibawa ke dokter. Ini bisa untuk pengetahuan baru ibu baby, masih pertama juga lahiran babynya

  14. Banyak sekali ya produk interlac, jadi enak ini pilihannya bagi yang nggak suka satu bisa make jenis yang lain. Alhamdulillah ada interlac yang bikin bunda nggak khawatir lagi ya mba kalau masalah diare atau sembelit menyerang.

  15. Interlac ini bantu banget untuk para bunda dalam menghadapi masalah pencernaan anak ya. Kan bocah kecil itu sering mengalami masalah pencernaan, kalau nggak diare ya malah sembelit. Wajib banget punya bekal interlac untuk sehari-hari.

  16. Naaa..terrnyata ini kemasan Interlac. Gampang carinya tanpa bertanya. Btw memang banyak dampak penyakit kl asam lambung itu sampai naik ke tenggorokan.

  17. belum pernah coba Interlac nih, kayaknya harus stock deh.
    secara Si Kakak itu gak begitu doyan makan sayur sekarang, buah juga ogah-ogahan.. so far sih BAB nya gak gangguan tapi tetap harus waspada kan yaa..
    klo Si Adek mah doyan buah juga sayur, hehehh

  18. Aku belum pernah ni pakai interlac, Alhamdulillah anak2 saat ini sehat, saluran cernanya juga sehat, to in case nanti aku perlu atau anakku mengakami gangguan saluran cerna, aku udh tau harus kasih interlac ke anakku krn baca inii

  19. interlac tu wajib ada di kotak p3k, karena yang namanya diare atau konstipasi udah semacem penyakit langganan anak ya. enggak pengen anak sakit, cuma jaga-jaga punya obatnya di rumah jadi lebih tenang.

  20. Sakit pencernaan buat bayi itu bikin sedih banget mbak. Saki.pernah sakit pencernaan, terus badannya nyusut banget kurus kering. Padahal baru 2 hari. Alhamdulillah saya kasih aja probiotik dari dokter. Alhamdulillah diarenga mampet dan dia kembali sehat.

  21. Wah dulu anak saya juga waktu bayi gumoh terus kalau habis nenen. Dan sekitar 2 Minggu lalu sempat susah BAB sampai nangis, kasihan banget lihatnya. Bisa nih buat persediaan obat jadi nggak panik kalau pencernaan anak lagi nggak beres.

  22. wah ada untuk dewasanya juga?

    pengalaman kalo mudik anak2 suka bermasalah sama perut karena begitu nyampe langsung jajan (kalap makanan yang gak ditemuin selama di Qatar), jadi perutnya kaget. Kata orang disuruh minum prebiotic. Nyatet nama merk ini ah. Buat jaga-jaga kalo pingin jajan saat mudik

  23. Alhamdulillah babyZril gak pernah kolik. Atau mungkin pernah tapi saya lupa? Hehe. Untung ya sekarang udah kenal interlac, moga si kecil gak sampai kolik. Btw.. Gagal fokus sama si embem. Gemes *kiss

  24. Setauku kalo sembelit itu faktornya bisa krn kebanyakan minum susu (khusus balita ya). Dan Narend juga sempet coba minum Interlac nih di rumah. Bukan karena dia bermasalah sama saluran pencernaan sih, tp lebih kepada memperlancar aja.

  25. Jamannya anakku bayik klo sembelit dikasih pepaya semangkuk, gitu ceunah Tetangga sama Ibu Mertua. Tapi suka pusing juga klo Tukang Sayur lagi holiday gak jualan, pakai apa coba biar anak bayik gak sembelit lagi kaaaan.

    Enaknya punya Interlac bisa nyetock di rumah, klo anak bayik sembelit bisa langsung dikasih ya Mbak. Ehhh buat orang dewasa sama lansia juga bisa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s