Competition

10 Aktivitas untuk Melatih Motorik Anak Balita

Usia balita adalah saat mereka mulai belajar tentang hal-hal baru. Ketika mereka mulai merangkak ke seluruh penjuru rumah, maupun saat berlarian di halaman depan.

Pertumbuhan fisik anak usia 1-3 tahun berkembang dengan sangat pesat. Maka dari itu saat golden age peran orang tua dan keluarga sangat dibutuhkan agar anak dapat melakukan aktivitas yang tepat untuk mengembangkan kemampuan motorik kasar maupun halus.

Saat Anak-anak Berada di golden age

Setiap hari saya memutar otak tentang kegiatan apa yang harus kami lakukan agar mereka bisa belajar dengan menyenangkan.

Biasanya saya bertanya kepada teman dekat dan juga mencari ide dengan melihat hastag yang ada di Instagram (terimakasih banyak internet!). Setiap malam saya mulai menyiapkan kegiatan yang akan dikerjakan keesokan hari. Seperti menyiapkan origami yang sudah dipotong menyerupai es krim, pom-pom untuk rambut para badut, beras untuk permainan menggali dengan alat berat, menghias ember sesuai dengan warna bola, menempel kapas untuk badan domba, dan lain sebagainya.

Kali ini saya akan berbagi aktivitas apa saja yang biasa anak-anak lakukan di rumah.

10 Aktivitas untuk Melatih Motorik Anak Balita

  • Tepuk tangan sambil bernyanyi.

  • Memakai dan melepas kancing.

  • Menelusur dengan pensil.

  • Menggunting dan menempel.

  • Melempar bola ke dalam keranjang.

  • Lompat tali.

  • Memindahkan benda kecil atau makanan dengan sendok atau sumpit.

  • Membuat bangunan tinggi dengan balok.

  • Berlari dan memindahkan barang.

  • Menggunakan resleting.

Permainan-permainan di atas mampu melatih motorik halus dan kasar untuk anak balita. Kegiatan tersebut bisa memperkuat jari tangan, koordinasi mata dan tangan, membantu ketepatan, serta melatih otot tangan dan kaki.

Saya menyadari betul, dengan kegiatan-kegiatan yang sudah saya rencanakan untuk anak-anak ini memiliki efek yang sangat bagus dan berguna saat mereka mulai sekolah, maupun dewasa. Walau sejujurnya menyiapkan permainan seperti ini baru saya kenal ketika anak kedua dan ketiga mulai dua tahun.

Jadi iya, anak pertama telat latihan motorik halusnya, dia lebih ke motorik kasar. Sampai sekarang saya masih harus sabar dan menyemangati saat ia memakai kemeja berkancing dan memakai ikat pinggang (ini yang paling bikin dia frustasi).

Makanan dan Camilan untuk Anak

Selain aktivitas-aktivitas tersebut, tentu anak-anak perlu asupan makanan yang bergizi, lezat, dan menyehatkan. Anak saya sangat suka makan pasta, jadi saya selalu berkreasi dengan menambahkan beberapa jenis sayuran dan keju. Selain itu, mereka juga suka dengan sayur dengan kuah bening seperti bayam.

Untuk camilan, saya selalu bertanya dulu mereka ingin makan apa. Agar saat sudah jadi, makanan itu bisa habis dilahap, bukan dicuekin, hihihi.. Camilan anak-anak biasanya pudding roti, agar buah, Monde Boromon, brownies coklat/keju/pisang, makaroni skotel (iya mereka bilang ini camilan), buah dingin celup coklat.

Camilan Monde Boromon sendiri sudah saya berikan saat mereka berusia 1 tahun. Tau khaan kalau anak-anak usia segitu sudah mulai suka emut-emut makanan. Saya berikan Monde Boromon Cookies karena mudah meleleh saat kena air liur anak.

Saya semakin yakin karena Monde Boromon Cookies ini gluten free, mengandung sari pati kentang, madu, dan DHA.

Selain itu, dapat melatih motorik yang ada di lidah dan mulut bayi, membantu si kecil mengeksplorasi rasa, bentuk, tekstur, serta kemampuan untuk makan. Bentuknya yang kecil juga berguna untuk melatih motorik anak saat memegangnya lho!

Sekarang saya sudah mulai memahami apa saja yang harus dilakukan saat anak masuk golden age. Sehingga saya bisa mempersiapkan diri jauh-jauh hari untuk mengajarkan berbagai hal menarik untuk si bayi kelak. ๐Ÿ˜‰

Advertisements

71 thoughts on “10 Aktivitas untuk Melatih Motorik Anak Balita

  1. Yeay dapat lagi ilmu jika kelak menjadi ibu sebagai bekal ๐Ÿ˜ di keep ini rekomendasinya soal Boromon mba ๐Ÿ˜

  2. Aku udah pernah nyobain monde yg ini juga loh.. Besok kalo B udah 1 tahun, mau aku kasih cemilan ini juga.. Biar rebutan sama aku makan nya.. Hahaha.. Monde enak2 sih emang klo menurut aku.. Btw, asik dapet bacaan 1โ€ aktifitas.. Noted duluuuuu

  3. Biskuit ini enak banget, favorit saya dan anak-anak banget,
    Sampe-sampe rebutan makannya hahaha.
    Udah gitu pas banget buat melatih motorik anak, bentuknya bulat, jadi anak saya 14M bisa sekalian belajar menggenggam dan memasukan ke mulutnya.
    Sukaaa deh, berharap nantinya dijual bebas di minimarket terdekat ๐Ÿ™‚

    Rey

  4. Anak pertamaku juga telat banget motorik halusnya ๐Ÿ˜ฆ Sekarang malah gitu, jadi nggak sabaran kalo ngapa2in macam menggunting. ๐Ÿ˜ฆ FYI, anak pertamaku udah 9 tahun sekarang, dan sepertinya harus mengulang stimulasi motorik halusnya lagi.

  5. Produknya inovatif banget yak.
    Sebagai sumber gizi sekaligus menstimulasi motorik anak.
    Beginilah seharusnya makanan untuk balita ya, bunda

  6. Asyik ya main sambil belajar bareng balita. Enggak terasa kalau sedang belajar. Melatih motorik anak balita itu mudah, lho, dengan kegiatan yang simple pakai bahan yang ada aja di rumah.

  7. wah, dapet referensi tambahan nih buat ngajak anakku main, hehehe. aku jadi penasaran sama rasa enaknya monde boromon cookis ini, pengen cobain. apalagi gluten free dan mengandung madu juga kan. sip banget daripada ngasih chiki, huehehhee

  8. Masa-masa seperti ini memang pas banget untuk mengeratkan bonding dengan anak. Bikin berbagai kegiatan yang menarik. Sekaligus menstimulasi motoriknya. Setelah itu makan camilan yang enak, deh

    1. Jadi kangen punya anak kecil lagi. Saat melatih motorik itu sama aja mengajak mereka bermain. Seru dan menyenangkan ๐Ÿ™‚

  9. Anak2 di golden age tuh ya, semua kegiatan rasanya mmg bukan cuma sekedar main, tapi lebih dari itu bermanfaat untuk mendukung tumbuh kembangnya. Bahkan makan snack jugaaa bisa melatih motorik di area muluut

  10. Anak2ku plus bapaknya juga suka nih nyemilin Boromon haha. Gak kerasa buka lagi sebungkus2 hehe.
    Aku sukanya karena mengandung minyak ikan dan gluten free shg baik ya buat anak2 ๐Ÿ˜€

  11. Wah, banyak juga ya aktivitas untuk melatih kemampuan motorik halus anak. Gak mesti yang khusus ya, yang biasa kita lakukan pun ternyata bisa. Asal dilatih terus menerus.

  12. Monde itu kan emang snack yang terkenal enak banget ya, tapi kok yang ini versinya lucu gitu yaa.. ditambah bisa menjadikan makanan sebagai mainan untuk melatih motorik anak, luar biasa~

  13. Anak saya tuh hobi banget main bongkar kartu-kartu di dompet. Habis itu semuanya dimasukkan lagi, dirapikan seperti semula. Ya pokoknya fokus banget dah dia kalau udah mainan dompet. Itu termasuk melatih motorik juga gak sih?

  14. Penasaran sama cemilan anak yang satu ini, nyari dibeberapa supermarket belum ketemu. Soalnya anak aku juga suka ngemil, kalau ngemilnya sehat seperti Boromon jadi aman buat anak2 ya Mbaa..

  15. Banyak permainan yang bisa kita pakai buat stimulasi anak ya mbak ๐Ÿ˜€
    Yg penting buat anak2 kadang malah bukan mainannya tapi mainan sama ibuknya ๐Ÿ˜€

  16. Karena banyak yang review aku jadi penasaran loh mba sama Boromon ini plus temen kerjaku juga bilang innenak banget jd mau beli harganya juga murah tadi aku sempat cek di olshop hehehe

  17. Masa-masa ribet menjadi orangtua, tapi kalau mengingat efek jangka panjangnya, justru masa ini yang sangat berharga. Selamat bersenang,-senang dengan si kecil ya, Mbak. Keep up the good work๐Ÿ˜Š

  18. Golden age memang masa investasi.. invest untuk tumbuh kembang dan juga pelajaran moral.. masa2 indah juga walopun repot hehehe.. krn masa golden age anak2 masih lucu2nya ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s