DailyLife

Pentingnya Tumbuh Kembang Anak

Anak perempuan saya sangat menyukai kegiatan mewarnai dan juga bermain peran. Peran yang sering dimainkan antara lain adalah menjadi koki, ibu guru, pemain sulap, seorang mama dan lain-lain. Saya mendukung semua kegiatan positif yang dilakukannya agar pertumbuhannya baik dan imajinasinya terus berkembang.

Walau tergolong anak pemalu, Maghma termasuk anak yang ceria dan gemar bersosialisasi dengan orang-orang di sekitarnya. Ia nyaman melakukan hal-hal yang disukai bersama teman-teman baru. Seperti saat ikut dalam lomba mewarnai beberapa bulan lalu, ia mendapatkan pengalaman, dan juga teman baru. Ia belajar banyak hal dari kegiatan tersebut. Namun, saya seringkali merasa tidak tega saat masalah pencernaan yang mengganggu tumbuh kembangnya kembali menghampiri. Ya, Maghma sudah beberapa kali mengalami hal ini, bahkan sejak umurnya masih di bawah satu tahun. Sedih rasanya ketika melihat anak meraung-raung kesakitan karena perutnya terasa tidak nyaman, dan juga menangis kesakitan ketika akan BAB.

Saat anak masih di bawah satu tahun, yang saya lakukan adalah memperbanyak porsi sayuran, buah-buahan, dan ASI, agar dapat membantu melancarkan BAB. Selain itu saya selalu pijat lembut perut serta punggungnya dengan minyak hangat agar ia merasa nyaman.

Ketika anak berusia di atas 2 tahun, saya kembali mereview apakah kebutuhan nutrisi dan serat harian yang Maghma dapatkan sudah cukup atau belum. Karena penting sekali untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya agar ia tumbuh dengan baik dan juga demi menjaga suasana hatinya :). Saya juga memberikan ia susu tambahan, Bebelac Gold tinggi serat.

Memiliki kandungan yang tinggi serat, maka dapat membantu memenuhi kebutuhan serat harian untuk dukung perut si Kecil agar bisa hasilkan 7 Kehebatan Perut. Karena perut adalah salah satu faktor yang penting dalam pertumbuhan dan perkembangan anak di 1000 hari kehidupannya. Semua itu akan menjadikan landasan pertumbuhan, perkembangan, kematangan intelektual, dan kesehatan anak secara keseluruhan. Anak yang kebutuhan serat harian dan nutrisinya terpenuhi, maka ia akan terlihat bahagia, ceria, dan juga cerdas.

Berikut adalah tanda kehebatan perut sehat anak :

  • Pencernaan nyaman dan perut sehat yang berfungsi dengan baik meliputi fungsi mencerna dan menyerap makanan, pertahanan tubuh, dan juga toleransi terhadap makanan yang dikonsumsi. Hal ini membuat anak-anak melakukan aktivitasnya dengan lancar tanpa adanya gangguan seperti menangis, rewel, perubahan suasana hati, dan muntah.
  • Anak-anak harus memiliki perut yang sehat agar nutrisi yang ia dapatkan terserap dengan sempurna keseluruh tubuh, agar menjadi sumber energi dan pembentuk sel. Karena si kecil membutuhkan jumlah kalori yang cukup besar supaya memenuhi pertumbuhannya, maka penting untuk memilih makanan yang padat nutrisi dan mudah diserap agar memenuhi kebutuhan gizinya.
  • Pencernaan lancar akan membuat saluran cerna anak berfungsi dengan baik, sehingga pola BAB jadi lebih baik dan tidak sakit.
  • 70% sel perlindungan daya tahan tubuh alami terdapat pada saluran cerna. Fungsinya dipengaruhi oleh keberadaan makanan dan mikroorganisme di dalam saluran cerna, yang akan melindungi anak dari kerusakan yang mungkin terjadi akibat bakteri, virus, atau parasit.
  • Saluran cerna yang sehat akan mencerna dan menyerap zat nutrisi yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Nutrisi untuk tumbuh kembang optimal didapatkan dari perut yang sehat.
  • 100 juta sel syaraf juga terdapat di dalam perut anak yang sehat. Jadi dapat membawa informasi ke otak, sehingga membuat anak cepat tanggap.
  • Anak yang nutrisi dan pencernaannya lancar akan membuat suasana hatinya senang. Selain itu 90% hormon serotonin yang mengatur suasana hati ternyata diproduksi di dalam perut sehat. Hormon ini adalah neurotransmitter utama yang dihasilkan saluran cerna, sehingga otak mendapat sinyal untuk mengatur suasana hati, selera makan, tidur, dan ingatan. Selain itu, mikriflora saluran cerna juga bisa mempengaruhi pengiriman sinyal ke otak. Jadi bisa mempengaruhi kondisi mental, emosional, dan kognitif.

Bebelac Gold

Rasa madunya membuat anak saya sangat menyukai susu ini. Biasanya ia tak begitu tertarik jika saya menyajikan susu hangat karena katanya terlalu eneg. Namun berbeda dengan Bebelac Gold, rasanya enak dan tidak terlalu manis menurut saya, makanya Maghma cocok (iya, saya cobain juga). Selain itu susu ini juga mengandung serat pangan yang tinggi, Fish Oil, Corn Starch FOS:GOS 1:9, dan juga 13 Vitamin serta 7 Mineral.

Makanya saya nggak ragu untuk memberikan Bebelac Gold dengan Advansfibre, karena membuat pencernaanya Maghma menjadi lancar, dan nyaman. 🙂

Advertisements

75 thoughts on “Pentingnya Tumbuh Kembang Anak

  1. Wah, bisa dicoba buat B kedepan nya nih.. Secara ini susu nya enak, gw udah pernah nyoba, minta punya M.. Hahahaha.. Ternyata kumplit juga kegunaan nya buat pencernaan, biar makin lancaaaarrrr

  2. Saya juga gitu… susunya si bayi, bubur mpasinya. Pokoknha semua makanan buat anak, dicobain dulu. Biar aman… aman dan doyan juga.. wkwkwk

  3. Kita yg dewasa aja klo pencernaan terganggu, terganggu juga suasana hati ya, apalagi anak2 deh. Bagus bgt skrg ada Bebelac yg concern terhadap saluran cerna anak

  4. Anak saya juga cocok minum Bebelac Gold ini buat pencernaannya.
    Secara yang sulung itu sering banget sembelit dan bikin dia rewel.
    Minum ini pencernaan jadi lancar dan anak jadi ceria.
    Emang hero banget buat kebaikan perut 🙂

  5. Waktu anak-anak saya masih kecil beberapa kali mengalami pencernaan terganggu. Sedih banget. Untung sekarang ada Bebelac Gold, ya. Bisa membantu menjaga pencernaan tetap sehat

  6. Wah kebetulan aku lagi bantu adekku berburu susu yang cocok utk anaknya yg kdg pencernaannya bermasalah. Dan kayaknya anaknya cocok deh sm bebelac ini. Krn kandungannya yg baik utk pencernaan. Makasih udh share ya, Mbk.

  7. Menghadapi anak lagi cruncky itu krn permasalahan perut itu bener bener moment nyiksa buat aku. Anak umur setahun kan blm bs jelasin rasa sakitnya gimana, jd dia cuma nunjukin kalau perutnya sakit huhu

  8. Aku pernah jadi saksi saat balitaku alami sembelit.
    Perih banget hati ini melihat mimik doi menahan sakit.
    Kata dokter penyebabnya memang ada beberapa sufor yang bisa jadi pencetusnya, kurang serat dan air putih.
    Senang ya kalau ada sufor yang bisa membantu fungsi pencernaan jadi lebih baik

  9. Anakku memang lepas ASI butuh asupan gizi tambahan, diantaranya melalui susu formula.
    Dan Bebelac Gold pilihan kami, karena selain cocok untuk percernaan anak-anak juga karena kandungan gizinya, tentu.

    Rasanya juga nikmat yaa…

  10. memang pencernaan sangat penting untuk tumbuh kembang anak, apalagi pencernaan sangat berhubungan langsung dengan zat besi, pernah waktu anak pertama saya diusia 4 tahun mengalami gangguan pencernaan itu sedih banget…

  11. Penting banget dong tumbuh kembang anak. Sampe usia 5 tahun mah makanan dan minuman harus khusus. Dan susu ini bisa jadi pilihan. Bikin anak lengkap Kehebatan Perutnya.

  12. Galfok Ama gambarnya si kakak nih. Jago bener gambar dan mewarnainya. Diusianya yang sekarang emang penting banget… Untuk itu nutrisi untuk tumbuh kembang si anak juga diperhatikan. Alhamdulillah kita samaan… Anak kita sama2 suka Bebelac Gold ya mbak ..

  13. Waah.. Sama bund anak aku jg suka banget aktivitas mewarnai. Itu jd semacam therapi buat dia sehari2. Tp kdg y bs bosan jg sih, anaknya moody. Untungnya 7 kehebatan perut jg bs ngontrol suasana hati anak y bund. Suka deh sm bebelac.

  14. Bebelac gold 3 rasa madu ini juga cocok sama anakku mak..
    Biasanya dia paling ga mau susu krn kurang manis. Tapi rasa madu yg manis ini memikat hati anakku jadi mau minum susu..

  15. Saya juga suka nyicipin susu/makanan sebelum ngasih ke anak. Kalau menurut saya enak, biasanya anak-anak juga suka. Termasuk Bebelac Gold ini. Bagi anak yang biasa minum minuman manis, kayaknya bakal kurang suka deh. Karena memang rendah gula.
    Tapi alhamdulillah anakku suka bangeet. Udah gitu kandungan nutrisinya lengkap. Emak dan anak sama-sama hepi deh :D.

  16. Bebelac ini, memang tinggi serat dan memang bikin perut anak nyaman. Jadi nyaman bermain, tapi tetap harus diberikan asupan gizi yang lebih komplek dan susu hanya melengkapinya ya moms

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s