Review

Mengenal Laba-laba dari Buku Seri “I Love Spiders”

Cover depan buku I Love Spiders ndiievania.wordpress.com
Cover depan buku I Love Spiders
Cover belakang buku I Love Spiders.

Seperti yang sudah saya janjikan setelah me-review buku I Love Whales & Dolphins. Kali ini saya akan me-review buku tentang laba-laba, dari seri yang sama.

Buku kedua yang akan saya review ini ditulis oleh Steve Parker, Ilustrasi oleh Richard Draper, dan penerbitnya adalah Bhuana Ilmu Populer (BIP).  Ilustrasi yang ada di buku mengenal laba-laba ini sangat menarik. Anak kedua saya, suka sekali dengan setiap detail yang ada.

Baca buku favorit 😁

Karena Herbie sangat menyukai laba-laba, maka buku ini menjadi salah satu buku favoritnya, setelah buku mengenal Dinosaurus. Beruntung saya menemukan buku seri I Love Spiders, karena saya merasa akan lebih mudah memberitahu Herbie tentang berbagai jenis laba-laba melalui sebuah buku. Supaya dia mengerti bahwa tidak semua laba-laba aman untuk dia pegang, karena ada laba-laba yang memiliki racun kuat dan juga berbahaya.

Yuk jadi laba-laba! 🕷

10 macam Laba-laba yang ada di buku seri I Love Spiders :

  • Tarantula
  • Laba-laba Serigala
  • Laba-laba Janda Hitam
  • Laba-laba Kepiting
  • Laba-laba Rumah
  • Laba-laba Funnelweb
  • Laba-laba Peludah
  • Laba-laba Pemancing
  • Laba-laba Pembuat Jaring
  • Laba-laba Air

 

Psst, tahukah kalian kalau laba-laba juga bisa mendaur ulang?

Ya! Laba-laba Pembuat Jaring memakan jaring yang lama untuk didaur ulang. Karena ia harus membuat jaring baru setiap hari. Nah, berkat daur ulang itu, laba-laba pembuat jaring hanya perlu membuat sedikit sutra.

 

Pemikiran yang Salah.

Selama ini, saya mengira kalau Tarantula itu adalah laba-laba besar yang beracun, karena ia memiliki taring yang besar. Ternyata saya salah. Tarantula memang laba-laba besar, tetapi ia tidak beracun.

Sama seperti saat saya melihat laba-laba yang sering bersantai-santai, ataupun siap memangsa di jaringnya. Karena semua laba-laba menghasilkan benang sutra, maka saya pikir semua laba-laba pastilah bisa membuat jaring.  Tapi, lagi-lagi saya salah. Ada laba-laba yang tidak bisa membuat jaring, ia adalah Laba-laba Serigala. Jadi kalau ingin makan, ya dia harus mengejar mangsanya, seperti serigala. Kakinya yang panjang dan kuat, sangat membantu dalam pengejaran mangsa.

 

Bahaya laba-laba!
Bahaya Laba-laba!

Hampir semua jenis laba-laba memiliki gigitan beracun.

Namun, hanya ada beberapa jenis laba-laba yang memiliki racun yang cukup kuat untuk melukai dan membunuh manusia. Dari buku ini, ada 2 jenis laba-laba yang bisa melukai dan membunuh manusia. Yaitu :

  • Laba-laba Janda Hitam

Laba-laba yang berukuran kecil ini memiliki racun yang mampu membunuh manusia. Tetapi, hanya laba-laba betina yang memiliki gigitan beracun. Ia menggigit jika merasa terancam dan tidak bisa melarikan diri.

  • Laba-laba Funnelweb

Serangan laba-laba yang besar dan kuat ini berbahaya. Gigitannya bisa membunuh manusia, tetapi tidak berpengaruh ke mamalia lain seperti anjing dan kucing.

 

Fakta seru dari buku mengenal laba-laba. Ndiievania.wordpress.com
Salah satu fakta seru.

Ada Fakta Serunya?

Tentu! Buku dengan ilustrasi menarik yang berisikan 24 halaman ini juga memiliki fakta seru mengenai laba-laba lho! Tak kalah keren dengan buku seri I Love yang lainnya.

 

Nah, sekian review singkat mengenai buku mengenal laba-laba versi saya.. Jangan lupa sering-sering cek untuk review buku selanjutnya yaa! 🙂

 

Terima kasih sudah membaca!

 

 

Advertisements

8 thoughts on “Mengenal Laba-laba dari Buku Seri “I Love Spiders”

  1. Hoo baru tau juga Tarantula tidak beracun, kebanyakan nonton film yang tunjukin mereka itu horor dan berbahaya yak hiks
    Mak, sering-sering lah ripiu buku anak yesss..

    1. Iya belajar lewat buku kayak gini seru banget. Nggak berasa kalau lagi belajar.

      Kemarin aku sempat tanya teman yg jadi penyunting dua buku ini, katanya sih udah nggak ada.
      Tapi mungkin bisa didapat di toko online atau buku2 bekas gitu mba.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s