Review

Mengenal Paus dan Lumba-lumba, dari Buku Seri “I Love Whales & Dolphins”

Beberapa waktu lalu, saya menemukan buku cerita anak mengenai binatang milik adik saya. Saya menemukan 8 buku, seri “I Love”.  Saya memuskan untuk memisah review bukunya. Biar ada banyak postingan di blog ini. Hahaha!

 

Buku I Love Whales & Dolphins
Cover depan buku I Love Whales & Dolphins
Buku I Love Whales & Dolphins
Cover belakang buku

Buku pertama yang akan saya review berjudul : I Love Whales and Dolphins. Buku terbitan Bhuana Ilmu Populer (BIP) ini ditulis oleh Steve Parker, dan ilustrasinya digarap oleh John Butler. Saya dan anak-anak sangat menyukai setiap detail gambar yang ada. Seperti detail di bagian tubuh lumba-lumba Atlantik berbintik, paus abu-abu dan juga paus bongkok.

Buku ini bisa membantu anak-anak untuk lebih mengenal Paus dan Lumba-lumba. Ada 6 paus dan lumba-lumba lucu yang siap untuk dibaca oleh anak-anak.

Jenis paus dan lumba-lumba di buku seri I Love Whales and Dolphins :

  • Paus Pembunuh
  • Lumba-lumba Hidung Botol
  • Lumba-lumba Atlantik Berbintik
  • Paus Spermaseti
  • Lumba-lumba Hitam
  • Paus Narwhal
  • Lumba-lumba Delpis
  • Paus Abu-abu
  • Paus Bongkok
  • Paus Biru

 

Nah, banyak kan jenisnya? 😊 Dari buku ini, saya jadi tahu kalau ternyata Orca atau Paus Pembunuh, sebenarnya tidak termasuk kelompok paus. Melainkan anggota keluarga lumba-lumba yang paling besar. 

Buku mengenal paus orca dan lumba-lumba
Paus pembunuh bukan “paus”?

Lalu menarik sekali saat mengetahui kalau lumba-lumba mengitari ikan-ikan kecil untuk mengumpulkan mereka menjadi kelompok kecil yang disebut “bola pancingan”. Kebayang yaa, setelah ikan kecil tadi jadi satu, si lumba-lumba tinggal membuka mulutnya sambil berenang, lalu kenyang deh. Hahaha!

Buku mengenal lumba-lumba
Lumba-lumba membuat “bola pancingan”

Selain itu, saya juga jadi tahu kalau ada lumba-lumba hitam yang dikenal suka menolong manusia dan lumba-lumba lain yang sedang dalam kesulitan. Oh satu lagi, ada lumba-lumba yang warnanya mirip sekali dengan pinguin! Hayo tebak, lumba-lumba apa itu? Ada yang tahu? (Atau  jangan-jangan saya saja yang baru tahu). 😜

 

Buku tentang lumba-lumba dan paus
Lumba-lumba yang suka menolong.
Mirip pinguin kan? Ya kan? Iya doong! 😂😂😂

Menurut saya, buku ini cocok dibaca oleh anak-anak yang baru mengenal dua jenis mamalia ini. Poin-poin yang disajikan singkat dan sangat jelas. Jadi untuk anak-anak yang lebih besar dengan lebih banyak pertanyaan mengenai dua mamalia ini, orang tua harus menjawabnya sendiri, mencari tahu bersama-sama di internet, atau mungkin membeli buku lanjutan tentang paus dan lumba-lumba lagi?

 

Di halaman terakhir, ada 10 fakta seru tentang Paus dan Lumba-lumba, yang akan menambah pengetahuan untuk orang tua dan juga anak-anak. Buku dengan jumlah total 24 halaman ini cukup menarik untuk dibaca bersama-sama saat siang atau sore hari. Seperti yang saya biasa lakukan dengan anak-anak di rumah. 

Saya memakai buku ini sebagai sarana latihan membaca untuk Wilson dan Herbie, supaya semakin lancar membacanya. Sementara untuk Maghma, saya mendapati dia memakai beberapa kosakata baru untuk bermain dengan mainan hewan-hewan lautnya, setelah mendengarkan kakak-kakaknya membacakan buku ini.

 

Untuk seri “I Love” lain, akan saya review secara bertahap yaa..  Nantinya bisa langsung di klik dari postingan ini, biar lebih mudah. Jadi, sering-sering di cek yaa postingannya.. 😎

3 thoughts on “Mengenal Paus dan Lumba-lumba, dari Buku Seri “I Love Whales & Dolphins”

Leave a Reply

