Sponsored Post

Kenali Penyebab Anyang-anyangan

Beberapa bulan lalu, saya (akhirnya) pernah merasakan anyang-anyangan. Biasanya, saya hanya mendengar cerita dari mama dan kakak perempuan saya. Bisa dibilang, mereka sering sekali mengalami anyang-anyangan. Waktu itu, saya hanya bertanya secukupnya, dan saya juga tidak mengingat jelas jawaban dari mereka berdua. Karena tidak terpikirkan, kalau saya akan mengalami pengalaman yang sama. Maka, bisa dibilang, saya tidak punya pengetahuan sama sekali tentang penyakit ini.

Hari kedua, sambil menahan sakit dan menyeka perut, saya flashback dan memikirkan Penyebab Anyang-anyangan yang sedang saya rasakan.

 

Penyebab Anyang-anyangan (-nya Cindy)

  • Mengurangi jumlah minum air karena banyak deadline, agar tidak sering ke kamar mandi.
  • Saat kebelet, saya tidak langsung ke kamar mandi. Saya menahan keinginan buang air kecil, selama berjam-jam.
  • Salah membilas miss V. Biasanya dari depan ke belakang, namun saat itu, saya ubah arahnya.
  • Membiarkan miss V dalam keadaan lembab karena terpaksa.
  • Banyak mengkonsumsi kafein.

 

Yak, itu daftar-daftar kesalahan yang saya buat dalam waktu … 5 hari berturut-turut! Siapa sangka, melupakan kebiasaan baik yang biasanya dilakukan, karena suatu hal yang seharusnya tidak menjadi alasan, bisa membuat saya terkena infeksi bakteri dan menyebabkan anyang-anyangan.

Saat itu saya merasa sangat kecewa, kenapa tidak mau menyisihkan waktu sebentar demi kesehatan diri sendiri. Tapi, karena ini semua sudah terjadi, ya mau bagaimana lagi. Lebih baik saya fokus untuk menyembuhkan, daripada menyalahkan diri sendiri.

Bagaimana saya tahu kalau terkena anyang-anyangan?

 

Ada Gejala yang Saya Rasakan.

  • Buang air kecil secara terus-menerus dengan volume sedikit-sedikit.
  • Rahim terasa nyeri.
  • Badan terasa sangat lelah/tidak enak.

 

Apa yang dilakukan untuk mengurangi rasa sakit karena anyang-anyangan?

Saya biasa mengompres/menyeka dengan air hangat di bagian perut sampai ke rahim. Ditempelkan atau diguling-gulingkan saja sudah cukup untuk mengurangi rasa nyeri. Selain itu, saya juga makin rajin untuk minum air.

Oh iya, cranberry juga ampuh untuk mengurangi rasa sakitnya. Saya tiga hari minum jus cranberry (hasil nitip). Beruntung sekali anyang-anyangan yang saya rasakan berangsur membaik dalam waktu kurang dari satu minggu. YAY!

Tapi sayang, di daerah tempat tinggal saya sangat susah mencari jus cranberry. Jadi saya harus pergi ke Solo dulu untuk mendapatkannya. What? Lagi anyang-anyangan dan harus pergi ke mall? Nggak deh, makasih! Daripada beser πŸ˜›

 

kenali penyebab anyang-anyangan

 

Saat saya cerita ke teman, dia memberikan dan menjelaskan tentang Prive Uri-cran, dari Combiphar. Ini cocok banget buat yang rumahnya jauh dari pusat kota kayak saya, atau sering kehabisan stok jus cranberry. Karena, produk ini bisa dibeli di berbagai apotek.

Produk Uri-cran ini ada 2. Semuanya sama-sama mengandung ekstrak cranberry.

Prive Uri-cran

Komposisi : 250mg ekstrak cranberry.

Sediaan : Kapsul.

Dosis : 1-2 kapsul / hari.

Isi per Box : 30 kapsul / box

 

Prive Uri-cran Plus

Komposisi : 375mg ekstrak cranberry, 60mg Vit C, 0.1mg Lactobacillus Achidopillus, 0.1mg Bifidobacterium bifidum.

Sediaan : Powder sachet.

Dosis : 1- 2 sachet / hari.

Isi per Box : 15 sachet / box.

 

Kenali penyebab anyang-anyangan
Komposisi Prive Uri-cran plus

Kenapa sih bawel banget sama cranberry?

Karenaaa, buah ini mempunyai kadar vitamin C yang cukup tinggi. Selain itu, buah cranberry juga kaya serat makanan, mineral dan flavonoid antosianidin, sianidin, peonidin, dan quercetin. Serta memiliki senyawa fitokimia, yaitu salah satu sumber antioksidan polifenol. Buah ini sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung dan dapat mencegah penyakit yang berbahaya seperti kanker dan penyakit jantung.

Selain itu, jus cranberry memiliki kadar antioksidan yang bisa mencegah pertumbuhan bakteri penyebab infeksi saluran kemih maupun anyang-anyangan.

 

Tapi, buat kalian yang sering mengalami anyang-anyangan secara terus-menerus, bisa langsung konsultasi ke dokter dulu ya, supaya bisa diperiksa lebih lanjut. Karena jika tidak segera ditangani, anyang-anyangan ini bisa menjadi lebih serius. Walau infeksi ini bisa menyerang laki-laki dan wanita, tapi teman-teman wanita harus lebih berhati-hati yaa.. πŸ™‚

 

15 thoughts on “Kenali Penyebab Anyang-anyangan

  1. Sebenernya penyebab anyang2an yg sering gw alamin ya cuma itu, tapi susah bener mau ngerubah untuk care dalam waktu lama.. Kalo udah sembuh kadang lupa, terus balik ke kebiasaan lama huweeeeeee

  2. semenjak aku tau penyakit anyang-anyangan ini aku udah ngga beraninahan pipis :3
    setiap mudik pun yang biasanya tahan tahan aja kalo skrg mah udah endaak beraniii

  3. Aku pernah ngalamin juga mbak cin anyang2an. Sepele banget cuma gara2 ngampet pipis.huhuhu
    Untung ada uricran ya yang bisa jadi sahabat pengusir anyang2an

Leave a Reply

