DailyLife · Krucils · Sports

Isi Tas Berenang Anak Balita

Semenjak Maghma berusia empat tahun, saya mulai rutin mengajak dia berenang. Dari mulai sebulan dua kali, sekarang saya jadwalkan seminggu satu kali. Saya biasa mengajak krucils berenang di kolam dekat rumah. Enaknya, ada banyak sekali pilihan kolam murah meriah dan menyenangkan untuk anak-anak.

Dalam sebulan, minimal satu kali saya melatih krucils untuk berenang dengan sungguh-sungguh. Tidak mudah lho mengajarkan tiga anak sekaligus dalam satu kali sesi. Biasanya mereka lebih memilih untuk menjauh dari saya, dan sibuk main air atau hanya sekedar santai-santai di pojokan kolam.

Rasanya ingin sekali menyerah dan mendaftarkan mereka les renang kalau mereka sedang susah diatur, tapi krucils belum mau latihan dengan orang lain. Mereka belum pernah lihat anak-anak yang sedang les renang sih. Coba kalau sering lihat, mungkin mereka tertarik yaa, seperti saat saya SD dulu, yang ingin sekali les berenang. Tapi karena orang tua sibuk, akhirnya saya belajar berenang sendiri kalau sedang ada jadwal berenang. Setelah itu, saya malah bisa mengajarkan teman-teman lain untuk berenang.

Berbekal pengalaman itu, saya merasa percaya diri mengajarkan krucils berenang, tapi ternyata saya salah. Susah sekali mengajarkan anak sendiri buat berenang.. hahaha..

 

Baca juga cerita berenang di Pancingan 100 Janti

Baca juga cerita berenang di Umbul Ponggok

 

wp-image-1289143440jpeg.jpeg
Berenang di kolam renang air hangat pinggir Pantai Parangtritis

 

Anak-anak Berenang dari Usia Berapa?

Kalau diingat-ingat lagi, krucils mulai berkenalan dengan air di kolam renang itu mulai dari usia 5 bulan. Mereka pertama kali berenang di kolam renang rumah, saat itu saya sengaja tidak memberikan kaporit ke dalam air. Sayangnya nggak bisa diisi air hangat, jadi maksimal waktu “main air” hanya 5-8 menit saja. Seiring bertambahnya usia, baru ditambahkan lagi waktu berenangnya.

Saat mulai musim hujan dan saat sering bepergian jauh, jadwal renang anak-anak sering kali saya lupakan. Akhirnya yaa, setelah Maghma berusia empat tahun, saya baru mulai rutin mengajak krucils berenang lagi di kolam umum. Kenapa nggak di rumah? Soalnya masih sering hujan dan malas capek banget kalau harus sering kuras kolamnya. Sudah gitu, krucils iseng banget beli ikan nila sepasang dan dicemplungin ke kolam.. hasilnya? Ada berlusin-lusin ikan yang semuanya berproduksi sampai bulan lalu. Hahahaha…

 

Kalau Berenang, Bawa Apa Saja?

Nah biasanya kalau mau pergi berenang, saya hanya menyiapkan satu tas untuk membawa pakaian ganti krucils. Maksud hati sih biar ringkes aja, trus yang bawa kalau nggak saya, ya Wilson. Tapiiii, setelah punya tas punggung miniso baru, si Maghma maunya bawa barang-barangnya sendiri, dengan alasan, “anak cewek itu bajunya harus dipisah di tas sendiri mamaahh”.. Oke deh, bebasin aja shaayy..

 

Tas Berenang Maghma

 

Isi Tas Berenang Anak Balita

 

  • Tas Miniso size kecil
  • Baju renang
  • Wet bag
  • Handuk
  • Bedak
  • Sun screen lotion
  • Body mist
  • Sisir
  • Lip balm mama yg di hak milik
  • Mainan princess (wajib ada)
  • Telon atau vicks (nggak ke foto)
  • Botol minum  (nggak ke foto)

 

wp-image-2069230606jpg.jpg
Waktu belum punya baju renang baru 😛

 

Manfaat Renang untuk Anak-anak

Manfaat dari hasil rutin berenang yang di dapat krucils itu lumayan banyak. Contohnya :

  • Berenang membuat mood jadi baik, hasilnya, anak-anak mulai bisa mengatur emosinya sendiri setiap hari.
  • Nafsu makan anak jadi bertambah. Setelah lelah berenang, anak-anak akan mengisi kembali bahan bakarnya dengan sangaaaaat banyak! Suka banget sama poin ini! hehehe..
  • Belajar mengenal waktu. Anak-anak mulai membagi waktu dari pulang sekolah untuk mengerjakan PR, tidur, makan dan setelah itu berenang. Berkat jadwal berenang, #kid1 jadi lebih paham konsep waktu.
  • Tidur nyenyak. Off course, setelah berenang badan pasti terasa segar dan sekaligus lelah. Jadi setelah sesi renang, malamnya, mereka (khususnya #kid1) jadi lebih mudah untuk tidur.
  • Berani berada di air dan tahu harus bagaimana saat terpeleset ke dalam air. Ini bisa meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan saat berada di dekat air.
  • Stamina dan postur tubuh menjadi kuat dan baik.

 

Kalian suka berenang juga kan?  Sudah rutin mengajak anak-anak atau adiknya berenang? Sharing dong, sejak kapan kalian, adik atau anaknya mulai berenang. Trus, manfaat apa yang dirasakan?

Oiyaa, kalau ada yang punya rekomendasi kolam renang ramah anak di Solo atau Jogja, mau yaa dibisikin di kolom komen.. 🙂

 

 

Advertisements

19 thoughts on “Isi Tas Berenang Anak Balita

  1. Dari kecil udah sering berenang Mbak Cin. Dan anak2 juga suka. Manfaatnya buat kesehatan sih nafas mereka lebih teratur dan biasanya malamnya anak2 jd pules bobonya. Then, berenang bs jadi quality time kami, karena sekeluarga demen banget mainan air

  2. Duuh seneng dehh lihatnya. Akta masih susah nih diajak renang. Takut air. Terakhir ke Dreamland dan sama sekali nggak mau renang even digendong ayahnya huks. Udah cobain kora2 mak? Ramah anak. Tapi tempat nunggunya bersihnya ya standar sih. Gak bersih2 amat 😂 kalau kolamnya sih bersih

    1. Anak-anak juga pernah takut berenang karena pernah kemasukan air pas latihan renang.
      Mau berenang lagi karena sodara2 pada dateng dan ngajakin renang 😁

      Mungkin Akta jg mau kalo renangnya rame2 sama teman atau sodaranya mak.

      Kora2 di mana sih? aku senapsaraaann

  3. Raya jg seneng renang kayak Magma, karena kolam renang deket banget sama rumah, perlengkapan yg dibawa cukup sabun, sampo & sunblock hahahaha, soalnya kalau lagi libur itu kolam renang kyk cendol 😀 Nanti dirumah ntar mandi lagi biar lbh bersih

  4. Anakku diajak berenang sejak umur 3 bulan mba, lumayanlah jadi anaknya ga takut air…Suka kasihan liat anak umur 5 tahun tapi dipaksa2 masuk kolam renang hihihi

  5. maghma dan tasnya sama2 cute euy. Iya setuju berenang jadi bikin kita gak parno berada dalam air. Berenang ini jangan cuma dipandang sbg olahraga, tapi lebih dari itu, this is life skill. Kita ga pernah tau kapan kita harus berada di tengah2 insiden kapal tenggelam, atau banjir besar dll yg melibatkan banyak air. Amit2 jabang bayi tentunya, tapi kalo punya skill renang insya Allah paniknya berkurang dan bisa handle the condition. Eh kenapa deh jadi ceramah begini?

    1. Wah iyaa bener mba Mel! Berenang itu life skill.
      Jadi makin semangat ngajarin anak2 berenang yg bener nih. 😁 Makasih ya mba Imel udah diingetin ❤❤

  6. Waktu pertama kali ajak renang Athar itu umur 2thn, awalnya takut eh lama-lama suka juga tuh di air. Tapi sayangnya aku gak rutin mak ajakin dia renang padahal dia suka 😦 jadi kepikiran mau les-in renang untuk dia.
    Manfaat selama ini yang utama, bikin si kecil happy mak *standar bener huhuhuh
    Nah kalau ditanya tempat renang di Solo diriku kurang referensinya 😦

    1. Coba makran, kalo nemu tempat les renang buat balita gt, mention2 aku yaa.. Ini paling susah ngajarin si Maghma soalnya 😂😂

      yg aku tau di kopasus kartosuro ada, tp ga tau bisa dr balita atau nggak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s