Sponsored Post

5 Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh Anak

IMG_20170308_144617

5 Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh Anak –    Akhir-akhir ini cuaca sedang tidak bersahabat, baik untuk orang dewasa maupun untuk anak-anak. Terkadang dalam satu hari, terjadi beberapa kali perubahan cuaca seperti hujan deras, panas terik kemudian hujan lagi dan panas terik disertai dengan angin kencang, begitu terus sampai keesokan harinya.

Belum lama ini, anak-anak sempat drop karena sedang ada banyak sekali kegiatan di sekolah. Bahkan saat sudah di rumah pun mereka tidak mau beristirahat, maunya ya bermain terus. Alhasil daya tahan tubuh mereka menurun dan mereka jadi mudah tertular kuman dan virus yang ada di sekitarnya, dalam kasus ini mereka tertular dari sekolahan. Entah kenapa masih banyak orang tua murid di sekolah anak-anak yang tetap mengijinkan anaknya bersekolah padahal sedang dalam keadaan tidak fit. Saya malah jadi kasihan kepada guru-guru di sekolah karena jadi ada “pekerjaan tambahan”. Oke, selesai melanturnya.

Selama lebih dari satu minggu, anak-anak demam, batuk dan pilek, beruntung mereka cepat bosan di rumah dan ingin segera bisa bermain di sekolah sambil melihat-lihat  mainan di depan sekolah. Motivasi untuk bisa segera melihat mainan di sekolah cukup kuat, jadi mereka dengan senang hati menuruti apa yang saya katakan seperti harus sabar main di rumah dulu, minum multivitamin dan tidak boleh pilih-pilih makanan lagi J.

Sebagai seorang ibu, kita harus pintar-pintar menjaga kesehatan dan sistem imun seluruh anggota keluarga. Saya pribadi selalu menjaga kesehatan dengan memulai kembali pola hidup sehat yang pernah saya lupakan serta kembali aktif berolahraga. Karena saya berpikir, sebagai ibu, saya gak boleh sakit. Saya juga memiliki cara menjaga kesehatan tubuh dan daya tahan tubuh anak versi saya yang akan saya tulis sebagai tips di bawah ini.

 

5 Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh dan Kesehatan Anak

 

  1. Makan Makanan Sehat & Bergizi

Awalnya tidak mudah bagi saya untuk menyajikan makanan yang sehat dan penuh gizi ke dalam piring milik ketiga anak saya. Tapi saya tidak menyerah begitu saja, saya beberapa kali melihat di Instagram dan Blog milik beberapa orang yang rajin menyajikan makanan sehat untuk anaknya dengan cara dihias. Selain itu, saya juga selalu memberi contoh dengan makan makanan yang sama dengan mereka. Misalnya saat anak-anak harus makan brokoli kukus atau sup dengan isi sayur yang beraneka macam, saya juga harus ikut makan. Hasilnya sekarang saat saya asik makan pecel, urap atau “bancakan” , pasti anak-anak juga heboh ingin makanan yang sama.

  1. Minum Air Putih Minimal 600ml Setiap Hari

Saya selalu memberikan target kepada anak-anak supaya mengkonsumsi 600ml air putih atau air mineral setiap hari. Kenapa sih 600ml? Hmm, saya sendiri masih bingung kenapa harus 600ml, tapi saya harap dengan rajin minum air putih, anak-anak akan merasakan banyak manfaat dari mengkonsumsi air putih.

  1. Cuci Tangan Menggunakan Sabun

Saat anak-anak belajar berjalan, saya mulai mengajarkan untuk selalu mencuci tangan dengan sabun. Tidak mudah awalnya, tapi seiring berjalannya waktu, anak-anak mulai terbiasa mencuci tangannya dengan sabun saat akan dan setelah beraktivitas. Memang terkesan sepele ya, tapi jangan salah, karena ada banyak sekali kuman dan virus yang tersebar di sekitar kita. Kita bisa meminimalisir kuman yang akan masuk ke dalam tubuh anak dengan cara mengajarkan dan membiasakan anak-anak untuk selalu mencuci tangan dengan sabun.

  1. Minum Multivitamin

Setelah anak-anak mulai memasuki usia sekolah, saya baru menyadari betapa pentingnya memberikan multivitamin kepada anak. Sistem imun pada anak masih dalam proses perkembangan. Saat anak-anak mulai memiliki banyak gerakan dan aktivitas serta kurang istirahat / tidak mau tidur siang, saya jadi takut kalau sistem imun mereka akan menurun dan jadi mudah sakit.

Saya mulai bertanya kepada teman-teman, browsing-browsing dan membaca artikel di http://www.serbaherba.com/daya-tahan dan sempat konsultasi, yang akhirnya anak-anak mulai minum Stimuno setiap hari. Beruntung sekali mereka suka dan cocok dengan Stimuno Sirup yang saya berikan.

IMG_20170304_082150

IMG_20170304_082311

 

Saya memilih multivitamin ini karena Stimuno merupakan satu-satunya PRODUK HERBAL bersertifikat FITOFARMAKA yang digunakan untuk meningkatkan dan memperkuat sistem imun tubuh dengan cara memproduksi lebih banyak antibodi dan mengaktifkan sistem kekebalan tubuh agar daya tahan tubuh bekerja OPTIMAL. Bahan baku yang digunakan berupa tanaman meniran (Phyllanthus niruri) yang banyak tumbuh di daerah beriklim tropis dan diproduksi secara organik dan sudah memenuhi standar GAP (Good Agriculture Practices) mulai dari penanaman sampai produksi. Stimuno juga sudah teruji klinis pada penyakit infeksi saluran pernapasan akut dan influenza like illness.

Dari yang saya baca, Stimuno aman dikonsumsi setiap hari bila memang diperlukan untuk menjaga daya tahan tubuh. Walau tubuh kita/anak-anak sehat, tetapi kita tetap terpapar resiko sakit karena kondisi lingkungan dan gaya hidup yang tidak seimbang. Seperti yang saya ceritakan di atas, saat anak-anak sedang banyak aktivitas disaat cuaca sedang buruk dan kurang istirahat, maka daya tahan tubuh merekapun akhirnya menurun. Saat anak-anak terkena virus kemarin, mereka mengkonsumsi Stimuno sirup 3x sehari 1 sendok takar ukuran 5ml. Setelah sehat pun mereka juga tetap minum multivitamin ini 1x sehari dengan sendok takar ukuran 5ml.

  1. Istirahat atau Tidur Cukup

Orang dewasa dan anak-anak wajib memiliki waktu istirahat dan juga tidur yang cukup. Biasanya anak-anak akan malas untuk istirahat sebentar jika ada teman-temannya di rumah. Makanya saya selalu mengakali dengan mempercepat jam tidur mereka saat weekdays dan agak telat sedikit saat weekends. Dulu saya membiarkan anak-anak bermain sampai larut jika tidak sekolah, tapi lama-kelamaan seperti jadi kebiasaan dan akan susah bangun keesokan harinya. Kadang moodnya juga jadi jelek dan makan jadi tidak teratur. Jadi kami semua di rumah harus selalu tidur cukup walaupun sedang libur.  Kalau pekerjaan saya sedang banyak, saya akan begadang dan biasanya saya hanya tidur 2-3 jam saja. Solusinya adalah sepulang sekolah, anak-anak saya ajak bermain yang menguras banyak energi, lalu setelah itu mandi-makan dan mereka akan senang hati tidur selama lebih dari 2 jam.

 

Kira-kira seperti itulah yang biasa saya terapkan untuk menjaga daya tahan tubuh dan kesehatan anak-anak. Karena saya sangat menginginkan anak-anak selalu sehat setiap harinya, syukur-syukur mereka bisa #Sehat365Hari setiap tahun (alias tidak perlu sakit). Memang membutuhkan waktu yang tidak sebentar, tapi jika kita sebagai orang tua konsisten, mudah-mudahan anak-anak juga segera terbiasa dengan kebiasaan-kebiasaan baik itu.

 

 

 

33 thoughts on “5 Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh Anak

  1. anak2ku juga stimunoan semua mbak. Cuma emang ga selalu 3x sehari, kadang cuma sekali sehari. Soalnya njagain biar kadar gula yg masuk ke tubuh mereka gak kebanyakan, karena stimuno apalagi yg rasa anggur itu kan manis banget ya 🙂

  2. Membiasakan hal-hal baik termasuk mengonsumsi vitamin yang bergizi, termasuk rutin memberikan Stimuno Sirup pada anak, merupakan salah satu langkah mewujudkan generasi sehat dan cerdas ^^

Leave a Reply

