Uncategorized

Berkat Skema PINA, Perjalanan Kami akan Lebih Cepat

foto-tol-okezone
Foto dari Okezone

 

Berkat Skema PINA, Perjalanan kami akan lebih cepat -Dalam beberapa bulan lagi, saya dan krucils akan kembali sering melakukan road trip dari Klaten sampai ke Depok atau Bogor seperti pada tahun 2011-2015 lalu. Memang saya lebih suka melakukan roadtrip dengan mobil pribadi dibandingkan dengan menggunakan transportasi darat atau udara jika harus bepergian dengan pasukan komplit. Karena biasanya kalau semua krucils ikut, pasti kami akan lebih sering bepergian kesana-kemari pada saat berada di Depok ataupun Bogor. Berbeda jika saya melakukan perjalanan sendiri, saya lebih memilih menggunakan transportasi lain sehingga bisa mempercepat perjalanan dan di tujuan pun saya juga bisa santai menggunakan transportasi umum yang ada untuk ke lokasi kerjaan.

Sebenarnya alasan kedua mengajak krucils naik mobil untuk perjalanan jauh adalah supaya mereka bisa keluar masuk jalan Tol. Yaa namanya tinggal di daerah yang jalannya “itu-itu” saja, makanya krucils senang sekali jika akan lewat jalan Tol. Maka dari itu, dulu Opa nya sering kali mengajak mereka roadtrip agar bisa melihat mobil-truk yang banyak serta puas melewati segala macam Tol. Kebayang kan senangnya mereka seperti apa saat berada di Ibukota? Keluar dari rumah saja sudah masuk jalan Tol yang nggak ada habisnya, belum lagi kalau macet dan lama di jalan Toll. Itu semua nggak bikin anak-anak bete, tapi malah senang!

Selama ini saya menunda-nunda perjalanan dengan krucils karena masih menunggu sambungan dari jalan Tol Semarang – Batang, Batang – Pemalang dan Pemalang – Pejagan. Berharap supaya perjalanan kami bisa lebih cepat hingga ke tujuan kami di Depok dan Bogor.

Kabar baik yang saya dapatkan saat sedang browsing adalah adanya program baru dari Pemerintah, yaitu Pembiayaan Investasi Non Anggaran Pemerintah atau biasa disebut sebagai PINA. Menteri PPN/ Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro menjelaskan : Program PINA ini di desain untuk memenuhi kebutuhan pembiayaan proyek infrastruktur prioritas yang membutuhkan modal besar yang dinilai baik secara komersial. Dari yang saya baca, program PINA sudah berhasil mendorong pembiayaan tahap awal sebesar RP 70 Triliun untuk 9 ruas jalan tol dan 5 diantaranya adalah proyek Tol Trans Jawa!

Ini adalah berita yang saya tunggu-tunggu dan berharap pembangunan proyek tol ini akan segera selesai pada waktunya. Betapa bahagianya kalau perjalanan dari Semarang hingga ke Cijago bisa terus melewati jalan Tol, pasti perjalanan bersama krucils akan lebih menyenangkan dan cepat sampai tujuan. Sehingga “penyiksaan” dari guncangan di dalam mobil tidak perlu dinikmati dalam waktu yang lama :D.

Lalu, pada pilot program PINA ini, PT Sarana Multi Infrastruktur dan PT Taspen memberikan pembiayaan ekuitas tahap awal kepada PT Waskita Toll Road sebesar RP 3,5 Triliun  sehingga dari kebutuhan 16 Triliun, sudah ada Rp 9,5 Triliun. Bambang Brodjonegoro juga mengatakan bahwa pilot project ini bukan satu-satunya yang di fasilitasi melalui PINA. Setelah Tol Trans Jawa, sudah ada beberapa calon investor yang sedang dalam proses fasilitasi oleh Bappenas. Skema PINA ini juga menjadi pelengkap skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha atau biasa dikenal dengan KPBU sebagai alternatif pembiayaan infrastruktur.

Pentingnya peran Pemerintah dalam mendorong partisipasi swasta, terutama dana-dana kelolaan jangka panjang seperti asuransi dan dana pensiun untuk mencapai target pembangunan  infrastruktur nasional. Pemanfaatan dana untuk proyek infrastruktur ini bukan hanya menguntungkan kata Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro, tetapi juga dapat menjadi salah satu alternatif investasi jangka panjang.

 

Semoga program PINA ini bisa semakin sukses dan terus membangun sampai ke daerah-daerah lain yang jarang “terpegang”. Sehingga kedepannya, Indonesia menjadi Negara yang memiliki jalan, infrastruktur dan segala sesuatunya lebih baik.

Siapa tahu dengan semakin bagusnya infrastruktur jalan raya dan jalan tol di seluruh Indonesia, kita bisa berpetualang road trip keliling Indonesia. Pasti semakin asik! 😉
 

 

Advertisements

18 thoughts on “Berkat Skema PINA, Perjalanan Kami akan Lebih Cepat

  1. Aku hanya suka road trip ketika jalan tidak macet. Kalau macet, aku berharap akan ada inovasi mobil bisa terbang menembus kemacetan. Heuheu…

  2. Jadi ikut penasaran sama hasilnya jalan tol nih xixixi. Bakal sering2 wira wiri kesana kemari juga kayaknya -dalam rangka nyobain jalan tol doang, gak pergi jalan2 sih- LOL

  3. Infrastruktur transportasi emang lagi jadi perhatian pemerintah ya. Apalagi pembangunan di bagian Indo Timur, senang banget lihatnya. Semoga adanya PINA ini memudahkan masyarakat yang akan melakukan perjalanan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s