DailyLife · Krucils · playdate · Travel

Ada Apa di Umbul Ponggok Klaten ?

Liburan hari ketiga, gw sama 11 pasukan #cahdolan jadi juga berenang pagi-pagi. Asiknya semua krucils bangun pagi, langsung mandi dan makan dulu sebelum berangkat. Secara kami mau berenang di mata air, kebayang lah dinginnya kayak apa. Jadi better pada mandi dulu, biar gak kaget sama suhu airnya.

Kami berangkat dari rumah sekitar jam setengah 9 pagi. Butuh waktu -+12 menit untuk mencapai lokasi Umbul Ponggok Klaten dan butuh waktu lebih dari 10 menit untuk parkir. Beruntung kami sampai di sana masih pagi, jadi masih dapat parkir di dalam SD yang berada di sebelah Umbul Ponggok ini. 

Loket masuk Umbul Ponggok Klaten
Ngitung apa sih sis? 😆

Sampai di sana, mama Didi sibuk nyari fotografer untuk foto-foto underwater. Gw bilang kalo Yo’i kenal sama salah satu fotografer yang ada di sana, siapa tau kan bisa fotoin tanpa booking dulu. 

Sista sigap antri beli tiket masuk, yang ternyata saat ini harganya Rp 15.000,-. Lumayan juga nih harganya dari terakhir gw kesana. Untuk anak-anak di bawah 5 tahun atau yang belom terlihat tinggi banget, tiket masuknya free alias gratis. Pas masuk, kita bakal dikasih satu plastik camilan cipir ikan nila buatan PKK setempat sama pak satpamnya itu. Lumayan lah buat gigitan 😁.

Pintu Masuk Umbul Ponggok Klaten

Camilan Umbul Ponggok Klaten

Selama ini gw pikir belum pernah ke umbul yang satu ini. Tapi ternyata sudah. Hanya saja gw gak ngeh karena memang di renovasi jadi tempat wisata. Dulu gw ke umbul ponggok klaten cuma nemenin yang pada nyuci motor dan mobil. Masuknya juga gratis tinggal nyelonong aja. hahaha..

Buat yang mau ke Umbul Ponggok Klaten gw saranin datang pagi sebelum jam 10. Cari parkirnya masih gampang, masuknya gak perlu desak-desakan, sewa pelampung kecil-besar (Rp 3000) dan alat snorkelingnya (Rp 13.000) masih banyak, berenang juga enak, gak kepanasan.

Berenang dan foto-foto di Umbul Ponggok Klaten

Buat yang laperan gak perlu khawatir, karena banyak banget makanan dan camilan yang dijual di dalam sini. Gw kagum sih, dengan banyaknya tempat jajan, Umbul Ponggok ini tergolong bersih. Tempat sampahnya banyak, dan para pengunjung juga kelihatannya pada gak suka buang sampah sembarangan. Good lah pokoknya.

 
Selain itu, toilet dan tempat bilas yang ada di dalam juga bersih dan luas. Gak perlu bingung antri tempat bilas, karena kemarin gw lihat ada 3 tempat yang menyediakan toilet dan kamar bilas. Rata-rata mereka punya minimal 6 ruangan dengan biaya Rp 2000,-. 

Trus gw juga baru tahu kalau ada kolam untuk anak-anak. Nggak begitu besar sih, tapi cukup lah untuk anak-anak mainan air. Kalau yang berani berenang, bisa ikutan nyemplung di kolam besar sambil pakai pelampung. Seru bisa sambil lihat ikan.

Kolam renang anak di Umbul Ponggok Klaten
Kolam anaknya juga duingiiinn
bergaya aja lah ni 😁😁

Umbul Ponggok Janti Klaten

Kolam di Umbul Ponggok Klaten
Ngobrolin apa coba nih di kolam gede 😂

Sejujurnya gw gak pernah rekomendasiin tempat ini ke orang-orang. Tapi kalau mereka minta di ajak ke sini ya monggo aja. Asal jangan datang pas weekends siang yaa. Asli males banget sama ramenya 😁. Trus juga jangan terlalu berharap atau menyamakan dengan tempat berenang yang bagus dan bersih ala tempat wisata mahal yaa. 

Mau foto-foto di dalam air? Bisaa! Kalau mau dapet foto sama ikan-ikan gede, langsung aja ke bagian tengah. Kalo punya action cam sendiri lebih enak yaa, bisa bebas foto/video berjam-jam. 

Tapi kalau minta di fotoin juga bisa kok. Gw tau 2 tempat foto. Satu KudaLaut photography punya Mas Reza, satu lagi punya Zaura photography punya Mas Agik (@agik_bendol). Nah kemaren kami pake yang Mas Agik, sekalian aja karena dia temennya si Yo’i.

Foto underwater di Umbul Ponggok Klaten
si ikan minta di bakar banget deh, ga tau apa gw lagi foto 😂😂

Foto di bawah air zaura photography Umbul Ponggok Klaten

Selain foto underwater, bisa juga snorkeling-an, atau scuba diving. Penasaran sih pengen nyoba scuba, tapi nggak tahu deh kapan. heheh..
—-
Mau main ke Umbul Ponggok? Ini alamat lengkapnya: Ponggok, Polanharjo, Ponggok, Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah 57474. Buka dari jam 7.00 – 17.00 WIB. Ada penyewaan loker juga, harga per loker Rp 3000,-.

Semoga cerita liburan gw bisa membantu kalian yang mau main ke umbul ini yaa 🙂

35 thoughts on “Ada Apa di Umbul Ponggok Klaten ?

  1. gue pernah foto2 dalam air di belitung.. hasilnya sampe sekarang blm ada dong dari EO nya.. pppfffh… kacau hahahahh Btw itu poto2 di dalam air kl dipotoin berapaan harganyaaa? XD

  2. Aku pikir umbul ponggok yang ngehits di ig itu jasa fotografi underwater, ternyata kolam renang yah. Kemarin waktu ke jogja lewat klaten ada tulisan umbul ponggok gitu. Pengen mampir tapi ga ada waktu 😉

    1. Mba April, kalo masnya bilang sih 5 detik aja gapapa.
      Tapi berhubung aku kuat nahan napas lama, jadi ya terus aja. malah aku sempet ditinggal naik masnya karena dia gak kuat -_-

Leave a Reply

