DailyLife · Review

Cerdas Mengatur Uang dengan #LebihBaik

Pada hari Minggu 16 Oktober 2016, saya menghadiri Talkshow #SunlifeFuturePlan untuk Indonesia #LebihBaik di Double Decker Solo Baru.

Saya tertarik untuk hadir ke talkshow ini karena memang saya penasaran sekali dengan asuransi dan juga memang ingin mendengar sharing tentang traveling dari Mba Donna Imelda. Karena saya sedang merencanakan liburan bersama anak-anak walau tidak jauh dan tidak lama.


Mba Donna Imelda ini adalah seorang Lecturer, Traveler, Travel Writer, Blogger, co-founder Indonesia Corners dan masih banyak lagi. Beliau bilang, kalau Traveling bisa membuat bonding yang #LebihBaik dengan orang-orang yang kita ajak, memberikan memori yang berkesan untuk anak, mind improving dan baik juga untuk rest and recover.

wp-1477234088458.jpeg

 

Traveling Tidak Perlu Mahal.

Tetapi tetap membutuhkan biaya. Rencanakan dengan baik dulu liburannya, mau kemana, melihat apa, naik apa, makan dimana dan berapa lama. Untuk dana liburan, pastikan kita memang memiliki dana khusus untuk liburan, jangan gunakan dana darurat apalagi dana pendidikan sekolah milik anak-anak!

Siapkan dan atau Sesuaikan dengan Kebutuhan Maksimum.

Arahkan pilihan berlibur atau perjalanan sesuai dengan batasan kemampuan. Jangan karena teman A berlibur ke suatu tempat lalu kita juga ingin ke sana jika dana tidak mencukupi.

Jangan Berutang!

Sebaiknya tidak menggunakan kartu kredit untuk berutang. Jika memang harus membeli tiket atau booking penginapan dengan kartu kredit, pastikan sudah melunasi semuanya sebelum berangkat traveling.

Ada 2 macam Dana Liburan, Menabung dan Berutang.

Berutang

  • Dana cepat
  • Ada tambahan biaya seperti bunga
  • Biaya dibayar belakangan
  • Masalah baru setelah liburan.

Menabung

  • Dana lambat
  • Perlu kesabaran dan komitmen
  • Biaya sudah dibayar dimuka
  • Liburan selesai tanpa masalah.

 

Prinsip dari Mba Donna Imelda adalah Pay First, Play Later. Jadi seusai liburan, pikiran tetap tenang karena tidak harus pusing dalam membayar utang dan tidak perlu malu kalau share foto-foto liburan di blog atau sosial media lain karena ketahuan berutang :P.

Atur Belanja!

  • Charity
  • Gaya Hidup
  • Pengeluaran Rutin
  • Tabungan dan Investasi

Pastikan semua sudah dihitung dengan pas ya, jadi jangan sampai ada pos yang kurang karena mau traveling. Kalau kurang, Bukan Pengeluarannya yang diperkecil, tapi pendapatan yang diperbesar! πŸ˜‰ Maka dari itu, pintar-pintar kelola uang agar target budget untuk traveling yang diinginkan dapat tercapai. Ingat bahwa tidak ada kata terlambat untuk menabung dan traveling!

Persiapan Dana Traveling.

  • Lakukan survey
  • Hitung biaya yang dibutuhkan
  • Tentukan kapan akan berangkat
  • Tentukan skala waktu berapa lama menabung
  • Perhitungkan inflasi
  • Perhitungkan nilai tukar uang jika ke luar negeri
  • Buat pos khusus liburan
  • Mulailah menabung!

 

Travel The Only Thing You Buy That Makes You Richer!

Bagaimana Cara Menghasilkan Uang dari Traveling?

Jadikan perjalananmu menghasilkan uang dengan foto-foto jepretan sendiri, kirim artikel untuk majalah atau media (cetak maupun online), tulis di blog, buat buku perjalanan. Ingat ya, untuk menghasilkan uang dari blog tidak bisa instan, alias butuh waktu dan harus konsisten dalam menulis. Lumayan kan kalau bisa menghasilkan uang dari jalan-jalan, uangnya bisa ditabung lagi untuk perjalanan berikutnya πŸ™‚

Semua orang bisa jadi traveler, tetapi tak semua orang bisa menjadi traveler yang baik.  – Donna Imelda.

 
Pembicara berikutnya adalah Mas Kristian Nico. Seorang Wirausahawan serta owner dari PPCP Indoprint, Onana Indotees, Gold and Dime, Mafioso 57, PPCP SPS dan owner Screen Printing Business Consultant.

Menurut Mas Kristian Nico

If You Never Try, You Will Never Know.

 

Pengertian Wirausaha Secara Umum.

  • Wirausaha : Kemampuan yang dimiliki oleh seseorang untuk melihat dan menilai kesempatan bisnis ; mengumpulkan Sumber Daya yang dibutuhkan untuk mengambil profit dalam ranka meraih sukses.
  • Entrepreneur : Orang yang menciptakan pekerjaan yang berguna bagi diri sendiri dan orang lain.

Biasanya permasalahan di lapangan adalah :

  • Modal
  • Takut gagal
  • Tidak percaya diri
  • Tidak punya relasi
  • Latar pendidikan

Tidak perlu takut nggak punya modal, coba deh pakai sistem MLM alias Modal Mulut Manis. Jika ingin memulai usaha, pastikan sudah memiliki konsep dan buat proposal, agar tidak terkesan asal-asalan.

Untuk mengatasi rasa takut gagal, kita harus tau dulu,pasar mana yang akan kita tuju. Jangan sampai salah sasaran.

Kalau mau usaha dari muda, jangan takut gagal! Lebih baik mencoba dari kecil-kecilan, seperti membantu teman berjualan, pastikan juga tidak malu untuk menawarkan produk jualan. Kita juga jangan minder, kalahkan rasa takut diri sendiri. Yang terpenting untuk menjadi sukses adalah jangan takut ditolak!

Tidak punya relasi? Nggak apa-apa. Mulai buka diri untuk mencari relasi dengan bergabung di komunitas-komunitas. Latar pendidikan juga bukan masalah. Karena tidak semua orang berpendidikan bisa lebih baik dari yang tidak berpendidikan. Pendidikan tidak menjamin kesuksesan kita. Tetapi akan lebih baik kalau berpendidikan dan mampu menjadi sukses.

Konsep Wirausaha ada 3 :

  1.  Berani Mengambil Risiko. Jika kita mau untung, kita juga harus mau rugi!
  2. Pandai Melihat Peluang. Pantau sosial media dan sekitar, jadikan itu sebagai peluang usaha.
  3. Jiwa Pemimpin. Menjadi wirausaha harus memiliki jiwa pemimpin serta bertanggung jawab dan selalu memiliki inisiatif.

Menurut mas Kristian Nico, orang yang sukses itu adalah orang yang peduli dengan keluarga & orang lain. Tidak hanya memikirkan diri sendiri.  Orang sukses itu orang yang mau belajar dari pengalaman diri sendiri & orang lain.

Jangan lupa, selain dana operasional usaha, pastikan kita menyisihkan penghasilan usaha kita untuk investasi. Investasi sangat penting untuk masa depan keluarga jika sewaktu-waktu kita meninggal. Karena apa yang kita miliki bisa hilang dalam sekejap jika tidak memiliki investasi. Asuransi juga investasi lho! Bisa dilihat di Sun Life.

Sun Life mempunyai komitmen yang kuat untuk meningkatkan literasi keuangan masyarakat Indonesia dan sekaligus mempersiapkan perencanaan keuangan dengan matang di masa mendatang.

Pak Kaiser Simanungkalit

Menurut Pak Kaiser Simanungkalit (AVP Head of Branding & Communication Sun Life Financial Indonesia), sampai dengan akhir September 2015, tingkat penetrasi asuransi konvesional baru mencapai 2,51%. Sun Life mempunyai peran untuk membantu edukasi, karena hanya 10% orang Indonesia yang memiliki asuransi. Beberapa yang tidak memiliki asuransi bukan berarti mereka tidak mampu membayar premi, tetapi memang mereka belum mengetahui pentingnya asuransi dan manfaatnya bagi mereka. Maka Sun Life akan membantu mengedukasi agar memiliki keuangan yang lebih baik. Penting untuk diketahui bahwa asuransi itu bukanlah produk.

Asuransi bisa membantu kita untuk merencanakan kehidupan yang Lebih Baik. Kita tidak tahu berapa lama usia atau pekerjaan tetap yang kita miliki, padahal kehidupan keluarga dan anak akan terus berjalan. Maka disinilah peran asuransi.

Pak Kaiser juga mengatakan, pilihlah asuransi yang sesuai dengan kebutuhan. Jangan hanya karena harga murah dan lihat yang didapat apa saja. Pelajari asuransi yang dibeli sebelum melakukan klaim. Jujur saat mengisi formulir asuransi, supaya perusahaan asuransi mengerti harus mengcover apa dan yang penting agar klaim tidak ditolak. Di Sun Life ada berbagai produk asuransi dengan beberapa manfaat. Keunikan dari produk asuransi adalah bisa disesuaikan dengan pendapatan dan kebutuhan.

Pak Ahmad Emir Farabie

Pak Ahmad Emir Farabie (Senior Manager Digital & Social Media Marketing Sun Life Financial Indonesia) atau Pak Fabie mulai memperkenalkan tentang Bright Advisor.

Apa itu Bright Advisor?

Bright Advisor adalah situs atau portal online yang dikembangkan oleh Sun Life sebagai media penyedia informasi seputar asuransi jiwa, kesehatan, pendidikan, investasi dan perencanaan keuangan. Bright Advisor diciptakan untuk dapat memberikan informasi dan menjawab pertanyaan dengan cermat serta dalam bahasa yang mudah dimengerti. Yang menarik, Bright Advisor ini bisa di akses oleh semua orang dan tidak dipungut biaya ataupun tidak harus menjadi nasabah Sun Life terlebih dahulu.

Apa Fungsi Bright Advisor?

Fungsinya adalah untuk mengedukasi orang-orang yang belum memiliki asuransi karena biasanya mereka bingung harus memulai dari mana. Bright Advisor membantu menjawab pertanyaan dari yang simple hingga yang rumit. Seperti apa itu premi? Isi polis itu apa? Produk yang tepat apa? Perencanaan seperti apa?. Semua data yang masuk pun aman, tidak akan dipublish.

Asiknya lagi, Bright Advisor juga tersedia dalam versi mobile. Jadi tidak perlu buka laptop atau komputer dulu untuk mengakses situsnya. Pertanyaan akan dijawab dalam waktu tidak lebih dari 2 x 24 jam pada hari kerja oleh tim asuransi dan investasi Sun Life.

Pak Fabie juga menceritakan bahwa saat awal bekerja di perusahaan asuransi, beliau tidak mengerti dan tidak memiliki asuransi. Lalu akhirnya beliau mulai belajar mengenai asuransi & mulai membeli asuransi tanpa perlu bujuk rayu dari sales.

Sunlife Bright Kalkulator ndiievania.wordpress.com

Nah, saya sendiri sudah beberapa kali menggunakan Bright Calculator yang ada di situs tersebut, untuk menghitung besarnya dana yang akan saya gunakan saat akan bepergian dengan anak-anak. Mungkin saya akan segera hitung-hitung lagi untuk melihat-lihat asuransi apa yang cocok untuk saya sekeluarga.

Sesi tanya jawab

Pemenang pertanyaan terbaik

Pemenang live tweet


Saya senang sekali bisa berkesempatan hadir di acara Sun Life ini, karena ada banyak hal mengenai asuransi dan investasi yang baru saya tau dari acara ini.

 

 

 

 

Advertisements

18 thoughts on “Cerdas Mengatur Uang dengan #LebihBaik

    1. Aku gak pernah ngutang kalo mau jalan2, soalnya aku jarang jalan2 #ehkasianamat πŸ˜‚πŸ˜‚

      Ya kalau memang harus ngutang di awal gapapa lah, asal jangan lupa dilunasin sebelom berangkat yeee πŸ˜†πŸ˜†

  1. aku ggpernah ngutang kalau buat jalan2, jadi kalo ggpunya uang ggpernah jalan2..hahahah
    eh, yuk nabung buat staycation bareng, Mak
    baca ini jadi inget staycation barenggggggggg

  2. Memahami asuransi buat saya perlu waktu. Harus mengenali kebutuhan dulu dan kesanggupan membayar preminya.
    Enak juga bisa bertanya seputar asuransi tanpa harus kemana-mana.

  3. Nah persiapkan dana travelling ini yg kadang terlupakan karena mempersiapkan dana2 yg lain. Kadang aku sisihkan dana travelling dari uang2 kagetan kayak kl dapet SP di blog hihhi πŸ˜„

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s