Competition

Tips Mengurangi Gatal pada Anak

Sudah beberapa minggu terakhir ini,kulit Maghma gatal-gatal dan sekarang sudah sampai di tahap yang mengganggu aktivitas, kenyamanan dan agak berbahaya. Kenapa bahaya? Karena beberapa kali saat sedang berada di mall untuk membeli keperluan untuk anak-anak,setiap menit Maghma berhenti dan membungkuk untuk menggaruk kakinya yang gatal,bahkan saat sedang berada di ujung eskalator! Beruntung sekali waktu itu jarak antara kami dan pengguna eskalator lain agak berjauhan,sehingga kami tidak sampai tertabrak dari belakang.

Melukis 3
Wajahnya Maghma penuh luka karena gatal.

Awalnya gatal ini hanya ada di bagian dahi dan kepala saja,jadi saya berpikir kalau shampoo-nya tidak cocok,sehingga saya hanya mengganti shampoo-nya saja. Tapi lama-kelamaan gatalnya menyebar ke dada,punggung ke bawah,lengan,punggung tangan dan kaki. Saya langsung curiga kalau kamar dan kasur sudah pasti kotor,jadi saya bersih-bersih dan menjemur kasur yang dipakai Maghma. Setelah itu ada perubahan tetapi tidak banyak,karena intensitas Maghma dalam menggaruk jadi semakin sering sampai ada banyak bekas luka garuk yang mengering di wajah dan badan 😦 Kasian banget liatnya.

Malamnya,saya mengingat-ingat apa saja yang bisa menjadi penyebab gatal yang biasa terjadi di anak-anak :

  • Debu. Biasanya debu di kasur dan tempat mainan yang kelupaan dibersihkan,jadi waktu anak-anak main,terkena debu-debu yang ada di kotak mainan.
  • Gigitan nyamuk atau serangga lain. Saat bermain di luar ruangan,anak-anak sering sekali digigit nyamuk atau semut,yang menyebabkan bentol dan gatal.
  • Pakaian. Bisa jadi anak tidak cocok dengan bahan pakaian yang digunakan atau saat mencuci pakaian yang kurang bersih,sehingga ada residu yang menempel bisa menyebabkan gatal di kulit anak.
  • Keringat berlebih.Β Aktivitas fisik anak-anak membuat mereka selalu berkeringat,ada beberapa anak yang memiliki kelenjar keringat berlebih,alhasil mereka jadi lebih mudah terkena biang keringat dan ruam.

Ternyata setelah dicari tahu penyebabnya,jelas sekali kalau Maghma ini gatal-gatal karena debu,keringat berlebih dan pakaian (saat mencoba pakaian baru yang ternyata bahannya tidak cocok di kulit Maghma).Β  Jadi saya pun melakukan hal-hal ini untuk mengurangi gatal pada anak :

  • Mandi lebih sering.Β Karena banyak bermain yang menyebabkan keringat, maka lebih baik jika anak mandi lebih sering. Jangan lupa untuk mengelap keringat terlebih dahulu sebelum anak-anak mandi. Gunakan Lactacyd Liquid Baby,karena sabun dengan PH 3-4Β  bisa membantu menjaga keseimbangan kulit bayi dan balita.
  • Ganti pakaian. Jika bepergian dengan anak,jangan lupa membawa beberapa pakaian ganti untuk anak,agar saat mereka berkeringat bisa langsung diganti bajunya sebelum gatal-gatal.
  • Pakai lotion atau es batu. Oleskan lotion khusus atau tempelkan air minum dingin atau es batu untuk mengurangi rasa gatal pada anak.

Maghma Bath Time

Saya senang sekali saat bertanya ke teman-teman lewat forum dan saat saya konsul dengan dokter kulit anak,mereka sama-sama menyarankan Lactacyd Liquid Baby karena seperti yang saya tulis di atas,Lactacyd Baby ini mempunyai PH 3-4 untuk membantu menjaga keseimbangan kulit bayi dan balita. Produk dari PT Sanofi-Aventis Indonesia ini mengandung Lactic Acid dan Lactoserum dari ekstrak susu yang terbukti secara uji klinis membantu mencegah pertumbuhan bakteri jahat. Jadi sangat membantu menjaga kulit si kecil tetap bersih,segar dan lembut setiap hari. Lactacyd juga banyak sekali digunakan untuk merawat kulit bayi maupun orang dewasa lho. πŸ™‚

Lactacyd baby ndiievania.wordpress.com

 

Cara pakai Lactacyd Baby ini mudah sekali :

  • Β Untuk memandikan bayi bisa tuang 3-4 sendok penuh dalam wadah mandi,dan mandikan bayi seperti biasa.
  • Untuk membersihkan wajah dan perawatan kulit,gunakan seperti memakan sabun cair.
  • Untuk merawat kulit kepala,gunakan seperti memakai shampoo.
  • Jangan lupa kocok dahulu sebelum digunakan.

Saat ini,Maghma cukup menggunakan Lactacyd Liquid Baby saja,karena sudah bisa merawat semua kulitnya. Oh iya,kalau Maghma pakai sabunnya seperti biasa di luar bak mandi,setelah selesai gosok-gosok baru deh anaknya masuk ke dalam bak mandi,jadi lebih hemat air juga :). Saya paling suka dengan wangi dari lactacyd liquid baby ini yang tidak menyengat dan busanya pun tidak banyak.

Sekarang Maghma sudah jarang sekali menggaruk-garuk kaki dan wajahnya,juga bekas luka di wajah dan kulit lain pun sudah mulai berkurang. Saya dan Maghma makin merasa cocok sama Lactacyd Baby ini πŸ˜€

BMaghma

Karena sekarang Lactacyd Baby milik Maghma yang 60ml sudah mau habis,peer saya sekarang adalah mencari Lactacyd Baby yang 150ml. Oh iya,harga Lactacyd Baby ini juga terjangkau. Kemarin saya membeli yang 60ml di apotek dekat rumah harganya Rp23.000 , sementara yang 150ml harga yang saya lihat secara online sekitar Rp55.000an. Semoga anak-anak tidak perlu mengalami gatal-gatal lagi πŸ™‚ *crossfinger*

 

*Tulisan ini dibuat untuk mengikuti kompetisi blog dari Lactacyd Baby.

 

Advertisements

21 thoughts on “Tips Mengurangi Gatal pada Anak

  1. Dokter anak Athar anjurin pakai ini sewaktu kena ruam (dua thn lalu). Ih ngeri waktu itu mak lihatnya, padahal selama ini pampersnya aman, curiga karena debu rumah kami (waktu itu baru pindahan). Pakai seminggu alhamdulilah hilang!
    Very recomended memang produk ini..
    Good luck ya mak :*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s