Review

Petualangan Boci,Game Edukasi untuk Si Pra-Sekolah

Saya lihat dulu,baru saya download satu-satu dan cek kegiatannya. Ternyata ini merupakan game edukasi untuk anak usia pra-sekolah. Waah pas banget nih untuk Maghma yang sering bingung kalau di tinggal mas-masnya sekolah setiap pagi.

Saat ini,Maghma,anak ketiga saya sedang tinggi sekali rasa ingin tahunya dan sangat senang dengan kegiatan “mengerjakan PR” alias belajar. Karena setiap sore kedua masnya mengerjakan PR dan Maghma merasa juga punya kewajiban mengerjakan seperti apa yang dikerjakan mas. Tetapi karena memang baru belajar beberapa huruf dan angka,tentu saja Maghma hanya menggambar orang atau menulis garis tegak dan tidur,menulis angka 1 dan 2 yang letaknya tidak karuan.

Sementara saat mas sekolah,Maghma sering bingung saat di rumah,mentok2 nonton review egg surprise sambil digambar lagi telur-telur yang dilihatnya πŸ˜›Β  Akhirnya saya membuka Play Store,niatnya mencari game edukasi untuk kegiatan selingan Maghma jika sedang bosan dengan buku,mainan atau pasir kesayangan. Lalu saya melihat ada beberapa macam game edukasi dan cerita Petualangan Boci dari Rolling Glory. Boci adalah seekor Bunglon cilik, Dia tinggal di bawah potongan pohon besar bersama Ayah dan Ibu yang sangat menyayanginya. Boci tidak jauh berbeda dengan anak-anak kita yang berumur 4-6 tahun,sangat ingin tahu segala hal. Keingintahuannya inilah yang akan membuatnya berpetualang bersama sahabat karibnya, Kato si Kakatua.

ndiievania.wordpress.com Petualangan Boci Warna

Sebagai permulaan, saya mengunduh Petualangan Boci : Warna.Β Ini adalah storybook dengan 33 halaman cerita bergambar interaktif untuk anak yang isinya ilustrasi-ilustrasi menarik serta ada banyak minigames di dalamnya. Saat pertama kali saya membuka aplikasi ini,saya sudah yakin bahwa Maghma akan suka sekali dengan karakter Boci. Di dalam aplikasi storybook ini ada 4 pilihan menu, yaitu :

  • Petualangan Boci Dibacakan.Β Ini sangat cocok untuk anak-anak usia 4 tahun kebawah atau anak-anak yang belum bisa baca. Nanti akan ada suara seorang perempuan yang siap membacakan cerita ini dengan narasi yang membuat anak semakin betah mendengarkan dan menebak-nebak jalan cerita.
  • Petualangan Boci Baca Sendiri. Jika anak sudah mulai bisa membaca,bisa coba pilihan membaca sendiri. Walaupun teks di aplikasi ini tidak besar,tetapi masih enak dibaca oleh anak.
  • Eksperimen. Jika kita memilih menu ini,maka Guru Frida akan mengajak anak-anak untuk bereksperimen dengan 3 warna primer untuk mendapatkan 3 warna sekunder di dalam Kelas Eksperimen. Di dalam menu ini juga terdapat ensiklopedia tentang warna. Btw,Maghma betah banget loh memiring-miringkan smartphone mama untuk bereksperimen dengan warna-warnanya. πŸ˜€
  • OST. Ini juga salah satu menu favorit maghma,karena anak-anak diajak untuk bernyanyi dan menari bersama. Tak usah takut jika tidak hapal dengan lagunya,karena ada teks untuk bernyanyi bersama πŸ™‚

Yang paling saya sukai dari aplikasi storybook ini,ada Petunjuk Memainkan Boci untuk orang tua. Jadi jangan karena ini aplikasi untuk anak lalu kita sebagai orang tua diam saja,kita juga harus mengerti dahulu isi ceritanya dan ikutlah membaca dan bereksperimen bersama anak. Pada akhirnya saya sendiri jadi ketagihan bermain Boci walaupun Maghma sedang tidur siang. *ups*

 

ndiievania.wordpress.com Boci Bermain Titik

Permainan Boci kedua yang saya unduh adalah Boci Bermain Titik.Β Ini adalah game pertama yang dikeluarkan seri Boci sebagai pembukaan storybook dan yang akan mengenalkan karakter-karakter yang ada di dalam storybook Boci Petualangan. Anak-anak akan mengenal Boci beserta keluarganya danΒ  juga teman-temannya melalui sifat dan sikap baik mereka. Di dalam seri ini,anak-anak akan belajar tentang warna primer,sekunder dan juga tersier.

 

ndiievania.wordpress.com Boci Bermain Titik Karakter

ndiievania.wordpress.com Boci Bermain Titik
Maghma serius banget πŸ˜€

ndiievania.wordpress.com Boci Bermain Titik

Boci Bermain Titik ini sangat mudah dimainkan oleh anak-anak berusia 2-6 tahun. Cara bermainnya adalah,anak-anak harus menghubungkan titik yang berwarna tertentu hingga selesai dan nantinya akan ada gambar yang muncul dan akan ada penjelasan dari gambar tersebut. Maghma sangat menyukai game ini dari kali pertama mencobanya. Sejak awal,Maghma tidak menemukan kesulitan saat menghubungkan titik-titiknya. Tapi terkadang Maghma sengaja tidak menghubungkan titik-titik hanya untuk melihat “tangan” yang akan mengajarkan cara bermainnya. Nah,kalau Maghma lagi asik menunggu,biasanya saya yang gemas sekali ingin segera menghubungkan titiknya. πŸ˜€

Boci Bermain Titik
pic from web petualanganboci

 

ndiievania.wordpress.com Boci Bermain Titik Warna

Di dalam game ini juga dijelaskan tentang warna primer,sekunder dan tersier menggunakan gambar,sehingga anak-anak mudah mengerti. Saya sangat suka dengan game ini,karena mengajarkan anak untuk terus berusaha dan bersabar jika ingin mendapatkan atau melihat yang anak inginkan πŸ™‚

Oh iya,seperti aplikasi sebelumnya,yaitu storybook,aplikasi ini juga mempunyai Parent Notes yang mengingatkan agar selalu dampingi anak saat bermain agar anak lebih mudah mengerti dan mempererat komunikasi dengan anak.

 

ndiievania.wordpress.com Boci Bermain Alfabet

Game Petualangan Boci yang ketiga adalah Boci Bermain Alfabet.Β Saya mengunduh game ini karena Maghma yang berusia 3.5th ini sedang belajar menghapal Alfabet. Seperti yang teman-teman saya sarankan,jika ingin mengajarkan anak-anak memang lebih menyenangkan kalau sambil bermain πŸ™‚ Jadi saya senang banget begitu tahu bahwa karakter kesukaan Maghma juga siap mengajarkan sekaligus bermain bersama lewat aplikasi ini.

Boci Bermain Alfabet mengajak anak-anak berusia 2-4 tahun untuk belajar huruf dari A sampai Z sambil membantu Boci merapikan karpet alfabet miliknya. Jadi nanti anak-anak diminta untuk membantu Boci mencari pasangan alfabet yang tersedia dengan karpet yang sesuai. Jika anak salah memasang, maka anak akan diberitahu oleh suara perempuan untuk mencoba di karpet lain,sementara jika benar,ada suara perempuan yang akan menyebutkan hurufnya. Setelah berhasil semua,maka anak-anak akan dipuji kembali oleh suara itu. Maghma selalu senyum-senyum loh kalau dibilang “kamu pintar dan kamu cerdas”. Penting banget nih untuk di ingat,karena anak-anak kalau berhasil melakukan sesuatu pasti makin semangat kan jika dipuji :).

ndiievania.wordpress.com Boci Bermain Alfabet

ndiievania.wordpress.com Boci Bermain Alfabet
senyum malu-malu
IMG-20160510-WA0021
udah nggak tahan buat nggak senyum lepas karena dipuji-puji πŸ˜€

 

Berkat main Boci alfabet 5 menit dalam sehari,sekarang Maghma sudah bisa dan tahu beberapa huruf loohh,yeaaayy! Anak senang,mamanya juga senang. Ternyata benar banget yaa,kalau belajar sambil bermain itu asyik dan kadang anak jadi nggak sadar kalau dia itu lagi “belajar”.

Seperti aplikasi sebelumnya,Boci Bermain Alfabet juga memiliki parent notes dan juga tersedia dalam dua bahasa,yaitu Inggris dan Indonesia. Keren yaa πŸ™‚

 

Game Petualangan Boci yang saya unduh untuk Maghma masih ada lagi loh,kali ini saya unduh Boci Menulis Alfabet. Aplikasi yang di targetkan untuk anak berusia 2-4 tahun ini akan mengajarkan anak-anak untuk menulis alfabet dari A sampai Z dengan baik dan benar menggunakan mainan. Anak-anak bisa memilih akan menggunakan mainan apa untuk menemaninya belajar menulis. Pilihan mainan kendaraannya adalah pesawat,kapal dan kereta api.

Cara memainkannya sangat asik sekali menurut saya,karena anak-anak akan diminta untuk membantu Boci menyelesaikan alfabet yang belum sempurna dengan cara mengikuti jalur-jalur kendaraan yang berbentuk alfabet! Anak-anak tidak akan hanya belajar menulis huruf besar tetapi juga huruf kecil.

ndiievania.wordpress.com Boci Menulis Alfabet

ndiievania.wordpress.com Boci Menulis Alfabet

Mengenalkan huruf alfabet dari A sampai Z kepada anak sangatlah penting karena merupakan dasar agar anak bisa belajar membaca atau sekedar menghapal huruf depan namanya, makanan kesukaan, hewan bahkan mainan favoritnya πŸ™‚ Usia Maghma sekarang adalah usia yang tepat untuk belajar alfabet sambil bersenang-senang. Mudah-mudahan saat usianya 6-7 tahun besok,Maghma sudah mulai bisa membaca buku cerita favoritnya sendiri,jadi sekali-sekali mamanya bisa minta di ceritain sama anak sendiri.

ndiievania.wordpress.com Boci Menulis Alfabet

Enaknya jaman sekarang itu ya begini,mau main sambil belajar lewat aplikasi di iOs atau Android juga bisa,apalagi kalau lagi berlibur dan lupa bawa sensory box atau legonya anak-anak,haduuh bisa susah banget sih nanti pas misalnya lagi menunggu makanan atau lagi menunggu mamanya beberes. Tapi saya juga paham betul kok kalau anak jangan terlalu lama di kasih gadget biar juga bersosialisasi dan bermain bareng teman-teman di luar. Untungnya ketiga anak saya ini sekarang modelnya “hayuk aja” jadi kalau mama bilang waktunya membaca buku,mereka juga mau dan suka nggak mau udahan. Kalau waktunya main di luar juga anak-anak makin seneng,begitu pula kalau dibolehin main lego seharian :D. Sebagai orang tua memang harus pintar-pintar membagi waktu anak-anak untuk belajar,main,bersosialisasi,menonton dsb.

Beruntung sekali saya bisa memperkenalkan Petualangan Boci kepada anak-anak saya di rumah. Saat mamanya lagi kehabisan ide permainan,jadi ada aplikasi penolong mama πŸ˜€ Asiknya Petualangan Boci ini semua ada dua bahasa dan ada parent notesnya. Kenapa saya selalu memberi tahu mengenai parent notes? karena memang menurut saya penting sekali melibatkan orang tua di dalam permainan anak-anak,jadi orang tua juga mengerti harus bagaimana saat anak bermain. Yang pasti sebelum memberikan mainan di gadget,orang tua harus paham dulu tentang aplikasi tersebut,jangan sampai kecolongan πŸ™‚

 

Kalau ada yang pengen anaknya berkenalan dengan Boci si Bunglon cilik ini bisa langsung download aplikasinya di Play Store dan App Store yaa. Berikut cara downloadnya :

Cara mendownload

Untuk info lebih lanjut mengenai Petualangan Boci bisa juga main ke websitenya di link Petualangan Boci yaa..

 

Advertisements

24 thoughts on “Petualangan Boci,Game Edukasi untuk Si Pra-Sekolah

  1. Boci lucuuu kayanya aku harus donlod juga nih cin (meskipun Kizain msih 6 bln) hahhaa, soalnya slm ini selalu main MY TOM tapi kayanya bosen dia gitu mulu. Ckck

      1. Siap dicoba. Tapi anaknya masih susah sih. Masih suka coret” kertas. Cenderung gak tertarik ma gadget.

      2. Malah bagus dong tertariknya sama kertas πŸ‘ emang usia segitu biasanya belum tertarik kok sama gadget heheh.. Anak2ku dulu juga mulai beneran liat gadget pas 3th ke atas semua

  2. Kalau tidak serius, titiknya terputus, gagal dong membuka tokoh di belakang layarnya πŸ˜‰
    Sudah cantik, pintar lagi ya…
    Internet tidak selamanya berdampak buruk ya πŸ™‚

    1. Nah iyaa,tapi kadang anaknya sengaja dibikin lama gitu menghubungkan titiknya,biar nemu tangan yg bantuin dulu πŸ˜‚πŸ˜‚

      Asal orangtua pintar2 mendampingi anak,mudah2an selalu dapat positifnya bermain internet πŸ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s