Competition · Sports · Tips

6 Cara Donor Kalori dari Rumah

ndiievania donor kalori 1

 

“Maksudnya donor kalori gimana? Caranya? Beneran bisa?” Pertanyaan ini termasuk yang paling sering ditujukan kepada saya di kolom komentar,inbox di sosial media dan via whatsapp.

Jadi sebenarnya apa sih Donor Kalori itu?

Donor kalori ini merupakan program dari Fitbar yang ingin mengajak atau mendorong setiap orang untuk membakar dan mendonorkan kalorinya. Kalbe Nutritionals produsen dari Fitbar bersama Yayasan Sahabat Anak mengajak kita,masyarakat Indonesia untuk bersama-sama mengumpulkan 10 juta kalori yang nantinya akan di kumpulkan dan akan di konversikan oleh Fitbar menjadi uang senilai 500 juta rupiah untuk di donasikan kepada anak-anak Indonesia yang kurang beruntung agar memiliki kualitas hidup yang lebih baik.

Asik ya? Sekarang semua orang bisa ikut membantu anak-anak Indonesia hanya dengan berolahraga dan mencatat kalorinya di pedometer atau di smartphone.

Kalau saya memang beberapa minggu terakhir ini sedang giat berolahraga lagi,karena saya sudah cukup lama vakum berolahraga,tetapi masih makan dengan porsi setinggi gunung dan saya ini hobi banget ngemil! Jadi,no wonder kalau saya melihat timbangan yang semangat bergerak ke kanan,dan membuat saya takut sendiri waktu ketemu kaca ditambah gak percaya waktu saya lihat kalo ternyata saya sudah terlalu over berat badan dan mengarah ke obesitas 😦

ndiievania.wordpress.com fitbar donor kalori

Karena kondisi beban ganda malnutrisi (double burden) masih menjadi masalah negara berkembang, seperti di Indonesia. Merujuk pada data dari World Bank (2015), terdapat 8,4 juta anak Indonesia dibawah usia 5 tahun yang masih menderita malnutrisi kronis dan kekerdilan akibat kemiskinan dan atau kurangnya pemahaman orangtua akan standar kecukupan gizi anak. Kondisi ini dapat menghambat perkembangan otak dan meningkatkan kemungkinan terjadinya diabetes, obesitas dan penyakit jantung, nantinya.

Sementara disisi lain,menurut Riset Kesehatan Dasar (2013), kondisi orang dewasa yang menderita obesitas atau kegemukan akibat mengonsumsi kalori berlebih, meningkat hingga 2 kali lipat dalam dekade ini sehingga 24 juta pria dan 40 juta wanita Indonesia saat ini menderita obesitas. Obesitas terjadi karena banyak hal, namun 90% kasus obesitas terjadi karena asupan makanan yang melebihi kebutuhan dan tidak diimbangi dengan aktivitas yang cukup untuk membakar kelebihan energi yang ada.Β  Nah ini saya banget kan,padahal saya selalu ingetin diri sendiri kalau pengen bisa main lari-larian sama anak tanpa sakit ini itu dan keberatan badan.

Penyebab obesitas ini disebabkan oleh 4 faktor,yaitu :

  • Hormon yang tak seimbang,biasanya terjadi pada wanita >25 tahun.
  • Kinerja metabolisme yang melambat hingga 5% setiap 10 tahun sejak menginjak usia 25 tahun, sementara faktanya, rata-rata orang dewasa di Indonesia mengonsumsi 500 kkal lebih banyak dari yang dibutuhkan setiap harinya.
  • Kurangnya aktivitas fisik atau olahraga.
  • Kurangnya jam tidur yang dapat menyebabkan metabolisme tubuh tidak teratur.

Dua dari empat faktor di atas ini benar-benar “menyentil” saya. Maka dari itu,saya mulai memaksakan diri saya lagi untuk ber-olahraga 4x dalam seminggu setidaknya 30 menit sehari. Selain itu saya juga mulai memperbanyak minum air mineral,paling tidak 8 gelas perhari dan yang pasti saya juga mulai mengatur waktu tidur agar metabolisme tubuh saya tidak terganggu seperti sebelumnya.

Maureen Tanoto selaku Brand Manager Fitbar mengatakan β€œFitbar di bawah Kalbe Nutritionals, melihat kondisi beban ganda (double burden) yang bertolak belakang, dan meluncurkan program Fitbar Donor Kalori untuk membantu meminimalisir dampak dari kedua kondisi tersebut. Sekarang, hanya dengan bergerak membakar kalori, masyarakat sudah bisa ikut berpartisipasi dalam membangun generasi Indonesia yang lebih sehat,”.

kalbe copy

Jadi begitu saya diberi tahu kalau ada kampanye #FitbarDonorKalori ini,tanpa pikir panjang,saya langsung daftar di websitenya. Walaupun sempat terpikir kalau olahraga dan uploadnya sih bisa nanti-nanti dulu lah. Sampai 2 minggu lalu saya masih saja sibuk pergi kesana-kesini tidak sempat olahraga biarpun kadang ada waktu kosong dari anak-anak selama 1 jam di rumah. Lalu adik saya bilang,”kenapa nggak nyalain step counter aja waktu mengurus anak-anak?”. Karena saya ini sejujurnya walau hanya di rumah,tetapi tidak bisa diam,pasti mondar-mandir terus kayak setrikaan yang nggak selesai-selesai. Dari situ akhirnya saya mulai bawa kemana-mana si step counter ini untuk menghitung kalori yang saya bakar waktu berada di dalam rumah.

Sebelum saya kasih tahu cara membakar kalori dari rumah,saya mau kasih tahu dulu nih cara mendaftar untuk ikut kampanye #FitbarDonorKalori yang berlangsung selama 2 bulan,dari awal bulan Maret 2016 sampai 30 April 2016.

Brosur DK_150216

  1. Buka website Fitbar Donor Kalori,pilih daftar dan isi semua data yang diperlukan.
  2. Pastikan kalian punya step counter/pedometer atau bisa juga men-download aplikasi olahraga dari smartphone seperti Runtastic,S Health,Endomondo,Nike+,Nike Training Club dan masih banyak lagi. Biasanya saat selesai berolahraga,akan terlihat jumlah kalori yang telah dibakar.
  3. Saat sedang melakukan aktivitas atau berolahraga,nyalakan dan pasang pedometer/stepcounter/smartphone di badan. Bisa di lengan atau di pinggang. Intinya sih di letakkan di bagian yang paling sering bergerak.
  4. Setelah selesai olahraga,foto atau screenshot hasil olahraga,lalu upload di website Fitbar Donor Kalori. Kalian juga bisa share di sosial media dengan mencantumkan #FitbarDonorKalori dan mention IG @Fitbar.ID, twitter @Fitbar_ID atau Fans Page Fitbar di Facebook.

Saya sendiri sudah ikut men-donorkan kalori dari tanggal 4 maret 2016,sampai hari ini total kalori yang sudah saya upload ke website dan yang sudah di approve sebesar 1.991 KCAL dan yang masih menunggu di proses ada sekitar 1.439 KCAL. Jadi total kalori yang sudah saya donorkan dari tanggal 4 kemarin sampai hari ini (saya belum olahraga) ada 3.430 KCAL! Lumayan banget yaa buat ibu-ibu kayak saya yang kegiatannya lebih banyak di rumah.

Oh iyaa! Kalau daftar FitbarDonorKalori jangan lupa masukin referal kode : CINDY822 yaa πŸ˜‰

 

donor kalori 1

 

Nah,sekarang saya mau share 6 cara membakar kalori yang bisa dilakukan dari rumah. Ini dia :

  1. Β Membereskan rumah. Iya,ini bisa membakar kalori minimal 100 KCAL.
  2. Berjalan-jalan di halaman/teras/dalam rumah. (Harus tabah ya kalau dibilang kayak setrikaan) πŸ˜›
  3. Mencuci mobil/motor dan kegiatan mencuci lainnya.
  4. Β Olahraga ringan seperti yoga dan pilates atau pakai aplikasi fitness di smartphone.
  5. Mondar-mandir ambil makan & nemenin 3 anak ke kamar mandi πŸ˜€ (ini saya bangeet)
  6. Bermain sambil olahraga bersama anak di halaman rumah.

Kalau memang ada waktu untuk keluar rumah dan cuaca sedang bersahabat,nggak ada salahnya untuk menghabiskan waktu 30-45 menit untuk jogging,jalan-jalan keliling komplek atau bersepeda bareng anak-anak.

Nah,nggak susah kan ternyata bakar kalori?Β  *geret satu-satu pembaca blog ini* πŸ˜›

ndiievania.wordpress.com fitbar donor kalori
Ini hasil donor kalori yang saya share di Instagram saya.

 

Biasanya saya setelah olahraga itu yang dicari ada dua,air mineral dan camilan! Yaa gimana dong ya,namanya doyan makan dan doyan ngemil,jadi boleh lah ya kalau langsung ambil camilan buat menambah tenaga sehabis olahraga *alesan*. Tapi nih yaa,semenjak punya berat badan berlebih ini,saya nggak mau lagi ngemil sembarangan kayak dulu. Sekarang saya biasanya ngemil Fitbar,karena ini snack bar yang rendah kalori dengan salah satu bahan yang digunakan adalah oat yang menyehatkan karena kaya akan serat dan tentunya lezat!Β  Fitbar juga bebas kolesterol, karena mengelola kadar kolesterol sangatlah penting dalam menjaga kesehatan jantung dan bebas trans fat, karena lemak trans meningkatkan kolesterol jahat dalam tubuh dan meningkatkan risiko penyakit jantung kardiovaskular dan diabetes tipe 2.

Nah,Fitbar ini punya 3 varian rasa,yaitu: Chocolate (90KCAL), Fruits (110KCAL), dan Nuts (110KCAL).

Fitbar donor kalori ndiievania.wordpress.com

 

Karena rasanya yang bervariasi,anak-anak suka banget sama camilan ini. Anak pertama paling suka yang Fruits yang isinya Oats,Raisin dan Wheat. Anak kedua suka yang rasa Chocolate,isinya Oats,Dark Chocolate dan Corn Flakes. Sementara anak ketiga si penyuka kacang,jadi udah pasti lah ya yang dipilih itu rasa Nuts,yang isinya Oats,Nuts dan Wheat. Kalau saya sih nggak perlu ditanya suka yang rasa apa,saya doyan semua rasa dari Fitbar camilan rendah kalori ini. Jadi sudah pada tau kan Keunggulan dari Fitbar ini ada pada kandungannya yang rendah kalori,dengan oat dan gandum,kolestrol 0 mg,trans fat 0 g serta mengandung Kalsium dan Vitamin A, B12 dan C.

Kenapa sih saya lebih memilih Fitbar untuk camilan sehari-hari? Karena kandungan kalorinya yang lebih rendah dibanding dengan makanan biasa seperti donat coklat yang mengandung 133kkal,keripik singkong 239kkal (per serving),biskuit kacang 200kkal,wafer 140kkal dan kue lapis 294kkal. Tuh kan,sekarang jadi tau deh kenapa kita sebagai orang dewasa sering sekali kelebihan kalori dalam sehari. Makanya,kalau kalian pada doyan ngemil,mulai sekarang harus doyan olahraga juga yaa,nggak perlu yang berat-berat dan nggak perlu ke gym setiap hari,cukup lakukan olahraga ringan di rumah.

Yuk ah, mari kita olahraga sambil berdonasi lewat program Fitbar Donor Kalori,masih ada waktu kok buat ikutan. Kita sehat dan berbagi bersama yaa πŸ™‚ Setuju kan?

 

17 thoughts on “6 Cara Donor Kalori dari Rumah

  1. motivasi buat diet nih, beberapa bulan inih gak ada waktu buat olahraga gara2 tidur pagi bangun siang terus. badan saya yang udah gede ini jadi tambah gede 😁😁😁
    liat updatenya mak cin di sosmed tentang donor kalori kok aku jadi kepengen ya ikutan donor kalori 😁😁😁😁 ayo ah olahraga lagi biar bisa kurus gituh
    btw aku seneng banget sama fitbar yg nuts ndeees bingit 😘😘😘😘

  2. awww keren banget sih Cindyy..

    btw keren yah idenya fitbar soal donor kalori ini, jadi mama2 spt kita yang nggak bisa sering olahraga di luar pun tetep bisa olahraga sambil beramal pula..

  3. mba Cin.. mohon info dong, pedometer beli di mana? atau dapet dr pas beli Fitbar nya?

    aku mauuu… penasaran kl pas lg jumpalitan di rumah bs bakar berapa kalori..

    mbak, kapan2 bikin acara yoga bareng gt di jogja 😬

  4. Postingan nya kok agak menohok buat saya ya ibu Cindy? HUFFTTT!!!
    asli saya buntal bulet ngga beraturan banget ini bentuk nya sekarang..
    ini ikutan fitbar donasi kalori nya kalo mulai april besok gapapa? pake ntc atau endomondo aja bisa kan ya? daftar nya cuma kayak yg di video sama penjelasan diatas gitu aja? ok siipp.
    Eh tapi, kok gw jadi kepikiran usia 25 keatas itu ya. gw doyan ngemil dan makan tapi asli jarang banget gerak apalagi olahraga 😦
    kalo nyetrika bisa juga ga sih? gw kalo nyetrika kan segunung dan menghasilkan keringat kek abis sauna gitu. hahahaha

Leave a Reply

