DailyLife

Manfaat Daun Katuk untuk Perempuan dan Ibu Menyusui

Dulu waktu saya sedang berjuang untuk menyusui anak kedua,beberapa saudara dan orang di sekitar rumah bilang bahwa saya harus mencoba mengkonsumsi sayur daun katuk agar ASI saya lancar,sehingga saya tidak perlu stress karena produksi ASI yang saya rasa hanya sedikit. Saat itu saya tidak langsung mencobanya,tapi saya browsing dulu untuk mencari artikel tentang daun katuk dan membaca diskusi para mama di website parenting The Urban Mama. Ternyata kandungan yang ada pada daun katuk ini adalah tanin,saponin dan flavonoid.  Di beberapa artikel yang saya baca,memang benar,banyak sekali yang menyarankan untuk mencoba sayur daun katuk untuk booster ASI. Jadi saya juga ikutan mencoba sayur bening katuk dengan jagung manis. yumm,seger banget rasanya 😉

cara-membuat-sayur-daun-katuk-bening-297x300
pic from here

 

Ini dia beberapa manfaat daun katuk untuk perempuan dan ibu menyusui :

  • Booster ASI.

Kadar prolaktin yang sangat tinggi ini biasanya akan membantu untuk meningkatkan,mempercepat dan juga melancarkan produksi ASI.

  • Membantu Mencegah Osteoporosis.

Kandungan kalsium yang terdapat pada daun katuk ini sejumlah 2.8%,sehingga membuat tanaman ini bermanfaat untuk mencegah osteoporosis khususnya pada perempuan.

  • Kesehatan Mata.

Kandungan vitamin A pada tanaman daun katuk ini bermanfaat untuk kesehatan mata,agar tidak mudah terkena penyakit mata.

  • Sumber Kalsium yang Tinggi.

Jika mempunyai jumlah kalsium yang rendah,tidak ada salahnya mencoba untuk mengkonsumsi daun katuk ini secara rutin. Karena kadar kalsium pada daun katuk ini cukup baik,sehingga bisa membantu mengatasi tekanan darah tinggi.

 

Yang harus diingat jika ingin mengolah daun katuk dengan benar adalah,jangan sampai memasaknya terlalu lama. Agar kandungan nutrisi didalamnya tidak hilang. Hmm, jadi,siapa nih yang mau masak sayur daun katuk sekarang? *sambil uleg sambel*

 

 

Referensi :

Semua artikel di atas di akses pada hari Selasa,29 Maret 2016.

 

 

 

19 thoughts on “Manfaat Daun Katuk untuk Perempuan dan Ibu Menyusui

    1. Aku kenal daun katuk juga karena menyusui itu mba Shinta 😀
      Bener,enak kok rasanya cuma entah kenapa aku nggak bisa banyak. kemungkinan karena terlalu berserat itu sih.

    1. Iya ya mba? Booster ASI sih sebenernya ada banyak yaa ga cuma daun katuk aja. Mungkin para ibu disana pakai suplemen atau makan apa gitu. Fenugreek juga bisa buat booster ASI loh.

Leave a Reply

