Uncategorized

Pengetahuan Tentang MEA

Jadi ceritanya,saya ini cukup nekat untuk ikutan One Day One Post yang dibuat oleh Teh Ani Berta. Nah ternyata untuk hari pertama ini Tema-nya tentang “Persiapan Menghadapi MEA ala kamu”. Baru hari pertama topiknya sudah berat yaa,at least untuk saya yang biasanya hanya posting hal-hal ringan.

Saya sendiri begitu baca tema-nya langsung googling,apa sih Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) itu? MEA ini sebuah bentuk integrasi ekonomi ASEAN dengan cara membentuk perdagangan bebas di negara-negara ASEAN.ย  Jadi,karena persaingan yang akan semakin ketat,maka negara kita juga harus mempersiapkan SDM yang terampil,cerdas dan kompetitif.

Lalu,apakah ini akan mempengaruhi saya? Saya kan tidak bekerja di bidang jasa dan sudah tidakย  berdagang di bidang produk lagi. Ternyata MEA ini juga berpengaruh bagi seorang blogger atau freelancer seperti saya. Jadi saya pun harus ikut belajar dan bersiap-siap supaya bisa ikut berjuang di era MEA ini.

Yang harus saya pelajari lebih dalam lagi:

  • Kemampuan Berbahasa Inggris.

Di jaman sekarang,sepertinya bahasa Inggris ini adalah bahasa yang harus kita kuasai,tidak harus expert,tapi paling tidak jika diajak berkomunikasi,kita dapat mengerti dan dapat membuat lawan bicara mengerti apa yang kita maksud. Nggak mau kan kehilangan job dari klien “bule” karena tidak bisa berbahasa Inggris? Tetapi sebenarnya bahasa asing lain pun sama pentingnya. (Satu-satu dulu deh).

  • Negosiasi.

Tampaknya ini juga menjadi peer saya,harus bisa bernegosiasi dengan calon klien.

  • Networking.

Saya dulu termasuk orang yang malas untuk bersosialisasi dengan orang baru,karena sudah terlalu nyaman dengan inner circle. Tetapi beberapa saat lalu saat menghadiri kelas Fun Blogging,saya jadi tersadar betapa pentingnya networking ini. Siapa tahu semakin banyak networknya,jadi ada peluang rejeki disitu.

  • Sikap Sopan Santun.

Ya,sikap sopan santun ini wajib dimiliki jika ingin bersaing di era MEA. Kenapa? Karena semakin banyak tenaga kerja asing yang bebas masuk,pasti harus ada beberapa hal yang membuat kita berbeda dari para pekerja lain. Sikap sopan ini bukan berarti kita bisa di kalahkan kapan pun oleh yang lain. Dengan sikap sopan ini kita tetap bisa bernego dan bekerja dengan positive thinking dalam menerima input dari rekan-rekan kerja lain.

 

Kayaknya segini dulu dari saya. Masih belum bisa menulis lebih panjang karena baru belajar tentang ini juga. Mudah-mudahan lain kali saya bisa membahas tentang MEA lebih dalam lagi ๐Ÿ™‚

 

 

Referensi :

Semua di akses pada hari Senin,28 Maret 2016.

 

 

12 thoughts on “Pengetahuan Tentang MEA

  1. wuih keren banget ini tulisan nya mah. proud of you. *keplok-keplok* btw, kalo negosiasi kayak nya gw juara banget ya. social networking yg gw masih males itu, doooohhh….

  2. Akupun Googling dulu pas dapat PR ini. Setuju banget kalau kita butuh networking skill yang pastinya jauh lebih canggih dari sekarang. Apalagi kalau networking digabung bahasa inggris. Waduh.

  3. Wihh, untuk kedua perempuan cantik dan pinter ini saya rasa pantas di tiru oleh anak-anak tanah air. Secara tidak langsung networking dapat mengajak kita lebih maju dan engga ketinggalan, seakan dunia itu bisa di genggam. Soal berita baik dalam dan luar negeri bisa tahu semua dahh hehe. terus update artikel nya yg memotivasi , thanks ๐Ÿ™‚

Leave a Reply

