DailyLife

My Superhero

Malam ini lagi kangen banget sama mama,papa.

Lagi nemenin anak-anak yang mau tidur,tutup mata,malah flash back dan mewek 😦

 

Keingetan waktu melahirkan anak #1,mama yang biasanya marah-marah sama aku,tiba2 jadi suuppeerrr sabar! ajak cerita biar aku ngga kerasa sakit,ajarin cara napas yang bener,cerita2 tentang proses melahirkan sodara2 yang lain untuk nenangin,dan bilang bahwa gue bisa melahirkan anak gue dengan normal. itu saat2 terdekat gue sama nyokap πŸ™‚

After melahirkan pun,nyokap selalu sigap bantuin gue yang kena baby blues ngurus newborn baby yang tiap jam 12 malam-5 pagi nangis sampe usia 4.5bln. Gue kagum dan salut sama nyokap dan kayaknya gue belom sempet bilang terimakasih dan bilang kalo gue sayang banget sama nyokap 😦

After my #1st born almost 6months,my mom passed away.

It was to late to say “thank you and i love you so much mom!” of course,nyokap ga ninggalin gue dan baby gitu aja yang baby bluesnya masih nyisa,nyokap hire suster waktu anak pertama 3.5bln dan udah ngetek mbak yg dulu urus gue pas masih kecil untuk jaga anak pertama gue kalo udah 6bln. nyokap selalu pantau gue dan gue selalu diajarin nyokap cara deal ngurus baby dan menghilangkan baby blues.

Selang beberapa bulan,gue hamil lagi,anak kedua. Masih ketar ketir urus #1st born tanpa nyokap,trus hamil lagi itu bikin gue makin puyeng. sekeluarga udah susah ditanyain mengenai kehamilan dsb karena pada lupa,bokap juga angkat tangan kalo mengenai kehamilan dan bayi baru lahir. akhirnya memutuskan langganan majalah dan join forum The Urban MamaΒ yang gue baca dari majalah itu.Β Gue seneng banget bisa join TUM,bisa nanya dan banyak yang jawab tanpa ngejudge. semua ramah.

sampai pada saat melahirkan anak kedua,gue memutuskan untuk ikut hypnobirthing,beberapa kali pertemuan,gue melahirkan,semua yang dipelajari ga ada yang bisa gue inget. cuma satu yang gue pengen saat itu,dipegang dan diajak ngobrol nyokap. Ga lama,bokap dateng dan nemenin gue. I feel better,my #2nd child born.

Sekedar share pengalaman hypnobirthing,saat dikelas gue selalu enjoy,tenang dan relaks,begitu pula saat dirumah. Tetapi pada saat melahirkan,gue ga merasakan itu semua,karena gue pikir hanya nyokap yg bisa nenangin dan bikin gue rileks. jadi maaf ga bisa jawab banyak mengenai hypnobirth buat anak kedua. Tapi,buat anak ketiga,ini sih berguna banget! Suka deh sama bidan yang paling kece di klaten dan sekitarnya πŸ˜‰

Thanks anak kedua ngga ada drama apalagi baby blues, gue memutuskan untuk memberi asi ekslusif seperti keinginan nyokap yg ga bisa full gue lakuin buat anak #1.

Bersyukur karena bokap dan keluarga ngedukung gue kasih asi ke anak #2. beberapa kali merasa ngga sanggup dan mau nyerah aja,tapi bokap adek dan ayahnya anak2 selalu nyemangatin gue sampai anak gue usia 2th dan dalam keadaan hamil anak ke #3. thanks all :*

hamil anak ketiga gue sudah mulai santai,ga banyak mual,ga gampang sakit,dll. intinya masih bisa diajak lari-main-traveling,darat atau pesawat.

anak ketiga lahir saat anak kedua sebulan disapih. it was amazing!

my #1st born nungguin adek #3 lahir walaupun ga didalem,tapi persis disebelah ruangan. he was so happy to meet his baby sister πŸ™‚

malam harinya,bokap dateng dari jakarta,and i just smile ear to ear dan bokap pun bahagia,karena akhirnya dapat cucu perempuan. padahal pada saat usg,berkali2 kelaminnya laki2 πŸ˜‰

Bokap termasuk yang paling jago kalo jagain cucu2nya yang ga bisa diem. selalu ada cerita,gambar ataupun tempat tujuan yang baru untuk ditunjukin ke anak2. I adore him so much!

hari-minggu-bulan terlewati,bokap mulai kehilangan berat badannya karena diabetes dll,sampai pada akhirnya sulit untuk bernapas tanpa bantuan oksigen pun bokap masih semangat ajak anak2 main.

sampai pada saat kami semua panik karena #3 kepentok dan “hilang” setengah jam. untung saja ada bantuan oksigen cadangan punya bokap.

bokap juga selalu jagain dan selalu periksa #3 tiap malem pas gue lagi istirahat. bokap titip sama gue,#3 belum 2th,jangan sampe kejadian kayak kemarin terulang,dijaga banget paling gak sampe 3th ya. gue jawab iya.

Semua berjalan seperti biasa,kecuali bokap yang semakin sulit bernapas dan bergerak walau dengan bantuan oksigen. pertengahan april 2015 bokap mulai benar2 stay ditempat tidur untuk melakukan semua kegiatan. hopeless.

lalu semua saudara berkunjung ke klaten untuk memberi support bokap,then bokap dibawa ke rs tanggal 25 april,gue ikut anter walau bokap ga mau gue ikut ke rs dan ga boleh jenguk,katanya jaga anak2 aja dirumah.

gue seharian,dari pagi-malam disana nemenin bokap. waktu gue pamit,gue minta dipegang kepala dan minta dicium kepalanya sama bokap,i see his face. ga mau ditinggal,tapi mungkin kepikiran sama cucu2nya dirumah,but,he doesn’t tell me.

tgl 27,#1st born minta dibikinin kue bday,dan minta truck. so, gue stay dirumah all day.

tgl 28 siang,gue hanya stay dirumah nemenin kids,kangen bokap. tapi inget bokap ga mau dijenguk,gue dilema ditambah lagi adek gue dan ponakan balik kerumah,ambil kebutuhan bokap dan ambil tabung o2 bokap. gue udah sampe mau naik mobil aja pas mereka mau balik ke rs,ga jadi,kids manggil2. saat itu di sms sama sodara yg jaga bokap di rs,katanya seneng,bokap yg biasanya ga Β bisa tidur,pules. gue happy,tapi ragu.

then,sore menjelang malam adek laporan kalo bokap ga bisa tidur,kedinginan dan gemeteran. gue udah komat kamit,mau nyusul,ga ada transport samsek.

selang beberapa menit,adek laporan lagi kalo bokap pingsan. my heart broken 😦 panik dirumah,berdoa bareng adek bungsu dan kids #3. udah ga bisa mikir apa2 lagi.

ngga lama,mereka berdua bilang kalo “lihat bokap” dirumah dan pergi lagi. gue nangis sejadi2nya. adek di rs bilang,my dad passed away dan gue minta dijemput.

sampe disana,gue lihat bokap,tidur pules. kayak yang selama ini diminta bokap,supaya bisa tidur nyenyak.

lalu gue menyesal kenapa ngga nengok bokap lagi? kenapa gue pake dilema? dll. adek bokap bilang,”mungkin dari awal papa tau kalo kamu yg paling ga kuat,makanya kamu ngga dibolehin ke rs sama sekali.” 😦 😦 sampe sekarang,gue masih inget tatapan bokap ke gue pas gue mau pamit pulang.

beberapa minggu setelah itu,gue tiba2 inget sesuatu,gue pernah dimimpiin ada bokap,nyokap dan mbah. saat itu kayak lagi ada yang meninggal,tapi siapa? bokap dan mbah duduk dikursi dengann pose pura2 ngga tau apa2 sementara nyokap dibawah posisi tidur dilantai dan senyum sama gue.

gur mimpi ini pas bokap masih dirumah,tumben,gue ga cerita ke bokap,tapi cerita ke adek.

setelah sekian lama,gue baru sadar sesuatu. nyokap dan mbah itu yang nemenin bokap di peristirahatan bokap yang terakhir. begitu gue sadar,gue nangis 😦 cerita ke adek,gue diomelin kenapa ga ngasih tau 😦 😦 ternyata adek juga punya mimpi lain yg dia baru nemu jawaban persis di hari yg sama kayak gue.

Gue berharap mama dan papa yang tenang dan senang-senang berdua disana. I love you both so much! thank you for take care of me and my children. thank you for everything oma,opa. send lots of kisses

till we meet again πŸ™‚

nb : maaf kalo tulisan ini acak adut,ini tulisan spontan di notes smartphone tanpa editan.

2 thoughts on “My Superhero

  1. Langsung sedih bacanya
    Hiduplah dengan sehat dan bahagia suoaya mama papanya bahagia juga melihat anak dam cucu2 kesayangannya sehat dan bahagia. 😍😍😍

Leave a Reply

