DailyLife

Belajar dan Bermain – #KidsToday Project

Setelah membaca artikel yang ditulis ipeh tentang #KidsToday di Theurbanmama dan menonton beberapa video dari Rinso dan salah satunya berjudul Belajar itu Kotor,saya menjadi tidak perlu kuatir kalau anak-anak sering bermain diluar rumah dan membuat seluruh pakaian serta badannya penuh dengan tanah dan pasir,karena memang seperti itulah cara anak-anak belajar.

 

Karena ketiga anak saya (W 5th, H 3.5th dan M 1.5th) belum sekolah,saya tidak perlu kuatir kalau waktu bermain mereka kurang,biasanya jika sore hari tiba dan sudah waktunya mandi,W dan H menyempatkan untuk berenang sebentar dikolam renang sambil belajar cara tahan napas dan W dengan senang hati mengajari H caranya berenang.

Fofo dan Herbie berenang

Biasanya setelah berenang dan mandi dan berganti pakaian,anak-anak akan langsung berlari kedepan rumah untuk bermain sepeda dihalaman rumah atau jika ingin bersepeda agak jauh,kami akan ke persawahan yang jaraknya -+1km dari rumah.

Fofo Herbie Maghma sepeda

Fofo dan Herbie ke nggunungan

Hari ini W dan H memutuskan untuk ikut saya berlari ke persawahan yang sangat dekat dari rumah,-+1km. Tentu saja diperjalanan H yang sangat bersemangat berlari terjatuh beberapa kali sehingga baju dan celananya kotor,dan tangannya pun tergores sedikit. W pun yang sedang bersepeda beberapa kali hampir kehilangan keseimbangan dan hampir terjatuh direrumputan.

Karena daerah saya masih banyak sekali sawah hijau,jadi sangat menyenangkan bermain bersama anak diluar ruangan,karena anak-anak jadi bisa mengenal hewan kadal,capung,kerbau juga tanaman putri malu. Saat saya meminta mereka untuk menyentuh tanaman tersebut,mereka sedikit bingung kenapa menjadi tertutup,sangat menyenangkan melihat anak-anak tumbuh dilingkungan yang hijau dan enak untuk bermain.

berolahraga

Saya jadi ingat akan janji saya kepada anak-anak untuk mengajak mereka berjalan-jalan ke kebun binatang dan ke pantai untuk melihat-lihat dan bermain disana supaya kami berganti suasana bermain. Karena memang sepertinya sudah lama sekali kami tidak mengunjungi kedua tempat itu.

Mudah-mudahan setelah W dan adik-adiknya nanti mulai masuk sekolah,saya akan tetap membiarkan mereka bermain minimal 3 jam sehari dan tentu saja akan saya ajak untuk bermain diluar ruangan seperti bersepeda,berenang,bercocok tanam,bermain pasir dan permainan-permainan menarik kesukaan anak-anak 🙂

Leave a Reply

